Type to search

Berita

Ubah Bayar Upah dari Mingguan ke Bulanan, Ratusan Pekerja Gugat ke PHI

Share
Gedung Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Bandung.

Gedung Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Bandung.

Bandung | Tak terima dengan perubahan pembayaran upah dari dua mingguan menjadi bulanan, sebanyak empat ratusan pekerja ajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung. Para pekerja merasa perusahaan tempat mereka bekerja, PT. Masterindo Jaya Abadi telah keliru dalam menghitung upah, akibat perubahan pembayaran tersebut.

Dalam dalil gugatannya bertanggal 7 Desember 2015, Hanny Harmawati, dkk mengaku menderita kerugian sebesar Rp. 130 ribu perbulan di tahun 2014, dan sebesar Rp. 99 ribu perbulan pada tahun 2015, hingga seluruhnya berjumlah lebih dari 750 juta. Tak hanya kekurangan upah, Hanny juga meminta Majelis Hakim PHI Bandung menghukum perusahaan yang berlokasi di Jl. Lodaya, Bandung itu, agar membayar uang paksa (dwangsom) sebesar Rp. 1 juta perhari.

Menanggapi tuntutan tersebut, PT. Masterindo menuding para pekerja tidak bisa membedakan antara sistem pengupahan dan sistem pembayaran upah. Sebab, para pekerja berstatus pekerja tetap dengan upah bulanan, dan bukan pekerja harian lepas yang upahnya dihitung berdasarkan kehadiran. Lagi pula, perusahaan telah membayar upah sesuai dengan besaran upah minimum yang berlaku.

Terhadap dalil gugatan yang diregister dengan No. 240/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg itu, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Wasdi Permana menilai, perubahan sistem pembayaran upah yang semula dibayar dua mingguan menjadi bulanan, tidaklah bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, menurut Hakim Wasdi, perusahaan tidak terbukti melakukan pembayaran upah dibawah upah minimum.

“Menimbang, bahwa berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas, maka petitum angka 1 haruslah dinyatakan ditolak,” ujar Hakim Wasdi membacakan kesimpulan (konklusi) dari pertimbangan hakim, Senin (28/3/2016) lalu di ruang sidang PHI, Jl. Surapati, Bandung. (Haf)

Hits: 7

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *