Minggu, 21 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
383

Baru Dikontrak Setelah Bekerja Dua Tahun, PHI Nyatakan Kontrak Sah

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bandung | Gugatan Rosid dan kesembilan temannya terhadap PT. Diamond Cold Storage melalui Putusan No. 251/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg, di tolak oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (13/4/2016) lalu. Pasalnya, menurut Majelis Hakim PHI, meskipun pada awalnya hubungan kerja dibuat secara lisan, akan tetapi kedua belah pihak mengakui membuat perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak kerja) selama tiga tahun.

Rosid, dkk pada awalnya di bulan Desember 2010, bekerja tanpa menanda-tangani perjanjian kerja apapun, hingga pada tanggal 2 Juli 2013, pihak perusahaan membujuk mereka untuk membuat kontrak kerja. Menurut perusahaan kala itu, surat kontrak hanya merupakan evaluasi pertiga tahunan dan tidak aka nada pemutusan hubungan kerja. Karena alasan itulah, yang membuat Rosid bersama kawan-kawannya bersedia menanda-tangani kontrak kerja.

Dalil cerita Rosid yang demikian, tidak dapat menyakinkan Majelis Hakim. Sebab, dalil merasa terbujuk oleh perusahaan, bukanlah merupakan suatu alasan yang dapat dibenarkan. Selain itu menurut Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Wasdi Permana, sebuah perjanjian kerja dapat dilakukan perubahan atas persetujuan kedua belah pihak, dan hal tersebut tidaklah dapat dianggap sebagai tindakan yang bertentangan dengan undang-undang.

Pendapat Majelis Hakim tersebut, didasarkan pada ketentuan Pasal 55 Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang menyatakan, perjanjian kerja tidak dapat ditarik kembali dan atau diubah kecuali atas persetujuan para pihak. Dan dalam kasus tersebut, Rosid, dkk telah menyetujui perubahan hubungan kerja menjadi kontrak kerja dengan menanda-tangani surat pernyataan. “Sehingga berdasarkan Pasal 1320 jo. Pasal 1338 KUH Perdata, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu tersebut mengikat dan berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya, yang dalam hal ini para Penggugat dan Tergugat, maka dengan demikian terhadap petitum No. 2 dan No.3 haruslah dinyatakan ditolak,” demikian dikatakan Hakim Wasdi. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of