Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
476

PHI Kabulkan Gugatan Dua Warganegara Perancis

PHI Denpasar.
PHI Denpasar.
PHI Denpasar.

Denpasar | Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Denpasar, mengabulkan sebagian gugatan Marie Christine Chau dan Cedric Christian Genet. Dua warganegara Perancis tersebut, diputuskan berhak menerima ganti rugi atas sisa perjanjian kerja dengan PT. Bali Ocean Adventure sebesar USD 29.250. Demikian diucapkan dalam sidang terbuka untuk umum, Kamis (31/3/2016) lalu di PHI Denpasar.

Keduanya oleh PHI, dianggap tidak terbukti telah melakukan pelanggaran perjanjian kontrak. Pasalnya, perusahaan yang berlokasi di Jl. Danau Poso, Sanur, Bali itu tidak dapat menunjukkan bukti atau menghadirkan saksi yang menguatkan dalil bantahannya, berupa tindakan penyalahgunaan informasi data pelanggan untuk kepentingan pribadi.

“Oleh karenanya menurut Majelis Hakim pumutusan hubungan kerja oleh Tergugat kepada para Penggugat adalah pemutusan hubungan kerja sepihak tanpa ada dasar hukum yang kuat,” tandas Hakim I Ketut Suarta selaku Ketua Majelis Hakim PHI Denpasar yang memeriksa perkara beregister 1/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Dps tersebut. Ia juga menegaskan, bahwa akibat hukum dari pemutusan kontrak secara sepihak, dapat dikenai ganti rugi sesuai dengan ketentuan Pasal 62 Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Menghukum Tergugat untuk membayar kepada para Penggugat ganti rugi atas sisa perjanjian kerja sebesar dua ratus lima puluh juta dua ratus ribu rupiah kepada Merie Christine Chau, dan sebesar seratus lima puluh enam juta tiga ratus tujuh puluh lima ribu rupiah kepada Cedric Genet, secara tunai dan segera,” ujar Hakim Suarta membacakan amar putusan. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of