Senin, 16 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.472

PHI : Menolak Mutasi Dianggap Sebagai Penolakan Perintah Atasan

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Surabaya | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya, mengabulkan sebagian gugatan Moch. Wahyudi melawan PT. Mitra Adi Perkasa Cabang Jawa Timur, Senin (2/5/2016) lalu. Dalam amar Putusan No. 34/G/2016/PHI.Sby, Majelis Hakim PHI Surabaya yang diketuai oleh Hakim Jihad Arkanuddin, menyatakan putus hubungan kerja keduanya terhitung sejak tanggal 25 Mei 2015, disertai dengan pembayaran uang pesangon sebesar 1 (satu) kali ketentuan undang-undang.

Wahyudi terpaksa menggugat perusahaan tempatnya bekerja pada 15 Februari 2016 lalu itu, lantaran ia diturunkan jabatannya dari Asisten Supervisor menjadi Sales Staff secara sepihak sejak 11 Februari 2015. Dirinya merasa demosi tersebut sangat menyiksa batinnya hingga mudah sakit dan tak kunjung sembuh, kendati telah berobat dibanyak tempat.

Disisi lain, perusahaan yang berlokasi di Jl. A. Yani, Surabaya itu, beranggapan bahwa toko yang dipimpin oleh Wahyudi kerap terjadi kehilangan. Sehingga perusahaan memberlakukan pemotongan upah terhadap gaji pekerja yang bertugas di toko tersebut hingga atasannya yaitu Wahyudi. Selain itu, Wahyudi pada bulan Mei 2015, sering tidak masuk bekerja meskipun telah diberikan panggilan bekerja sebanyak 2 (dua) kali. Atas alasan demikianlah, perusahaan menyatakan Wahyudi telah mengundurkan diri.

Menanggapi dalil keduanya, Hakim Jihad tidak sependapat jika Wahyudi dikualifikasikan telah mengundurkan diri. Sebab, persoalan sesungguhnya berawal dari ketidak-setujuan Wahyudi terhadap pemindahan tugas dari perusahaan. “Majelis Hakim berpendapat bahwa tindakan Penggugat yang menolak pemindahan tugas tersebut, merupakan kesalahan yang dikategorikan menolak perintah atasan, maka seharusnya Penggugat diberikan Surat Peringatan, apabila karyawan tetap menolak dan tidak hadir/mangkir, maka Penggugat tidak dapat dikualifikasikan mengundurkan diri,” tegas Hakim Jihad. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of