Type to search

Berita

Meski Terbukti Mogok Kerja Tidak Sah, PHI Perintahkan Bekerja Kembali

Share
Ilustrasi. (gambar: skalanews.com)

Ilustrasi. (gambar: skalanews.com)

Semarang | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Semarang, Kamis (23/6/2016) lalu, menghukum PT. Tri Abadi Purnama untuk mempekerjakan kembali Muhtarom, dkk (5 orang). Selain itu, perusahaan yang berlokasi di Jl. Raya Semarang-Boja, Kendal itu juga diperintahkan untuk membayar upah selama skorsing sebesar Rp.1,2 juta kepada masing-masing pekerja.

Menurut Majelis Hakim PHI Semarang yang diketuai oleh Hakim Noer Ali, para Penggugat telah terbukti melakukan mogok kerja tidak sah sejak 13 September 2013. Keterangan saksi-saksi dalam persidangan telah memberikan keterangan, bahwa mogok kerja yang dilakukan Muhtarom, dkk tanpa pemberitahuan kepada Pengusaha dan Dinas Tenaga Kerja.

“Menimbang, bahwa setelah Majelis Hakim memperhatikan dan meneliti bukti-bukti yang diajukan oleh para pihak dalam persidangan tidak ditemukan adanya bukti surat bahwa sebelum melakukan mogok kerja para karyawan PT. Tri Abadi Purnama (termasuk para Penggugat) telah memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam Pasal 140 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” ujar Hakim Noer Ali membacakan pertimbangan hukum dalam perkara yang diregister dengan Nomor 2/Pdt.Sus-PHI/G/2016/PN.Smg itu.

Namun, Majelis Hakim berpendapat, bahwa di dalam Peraturan Perusahaan yang telah disahkan oleh Dinas Tenaga Kerja, tidak ada ketentuan tentang pengaturan mogok kerja yang pelanggarannya dapat berakibat pemutusan hubungan kerja sepihak. “Maka berdasarkan Pasal 151 ayat (3) dan Pasal 155 ayat (1) UU 13/2003, PHK oleh Tergugat kepada para Penggugat adalah PHK sepihak dan tidak dapat dibuktikan kebenaran alasannya, sehingga batal demi hukum,” tanda Hakim Noer Ali. (HAF)

2 Comments

  1. kurnia 1 September 2017

    apakah saudara memiliki nomor putusan dari permasalahan ini ?? apakah boleh saya meminta nomor putusannya ? terima kasih

    Balas
    1. adminbo 4 September 2017

      Terima kasih telah menjadi Pembaca buruhonline,
      Didalam artikel tersebut, sudah ada nomor putusan yang Saudara minta.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *