Type to search

Berita

PHK Tanpa Putusan Pengadilan Tidak Sah, PHI Menangkan Gugatan Manager Hotel

Share
Ilustrasi.

Ilustrasi.

Bandung | Belum adanya putusan pengadilan atas pemutusan hubungan kerja (PHK), yang telah dilakukan oleh Pemilik Hotel Sapadia Cirebon terhadap Sigit Kuncoro selaku Manager pada hotel tersebut, berakibat tidak sahnya PHK. Demikian salah satu pertimbangan hukum dalam perkara No. 42/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Bdg, yang putusannya telah dibacakan Senin (30/5/2016) lalu di gedung Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung.

Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Kartim Haeruddin, menyatakan tindakan Pemilik Hotel Sapadia yang faktanya telah mem-PHK terlebih dahulu Sigit pada 1 Juni 2015, tanpa adanya putusan pengadilan merupakan tindakan yang bertentangan dengan ketentuan Pasal 151 ayat (3) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Selain itu, adanya keinginan Sigit untuk tidak lagi melanjutkan hubungan kerja, menjadi salah satu pertimbangan bagi Majelis Hakim. “Menimbang, bahwa meskipun hubungan kerja antara Penggugat dengan Tergugat dinyatakan belum pernah terputus, namun demikian sebagai akibat dari perselisihan a quo, Penggugat juga tidak berkeinginan lagi untuk melanjutkan hubungan kerjanya dengan Tergugat, maka Majelis Hakim harus menyatakan putus hubungan kerja terhitung sejak putusan ini diucapkan,” ujar Hakim Kartim.

Terhadap pertimbangan hukum yang demikian, PHI Bandung menghukum perusahaan yang berlokasi di Jl. Katiasa, Kota Cirebon itu, untuk membayar kepada Sigit Kuncoro yang telah bekerja sejak tahun 1995, berupa uang pesangon sebesar 2 (dua) kali ketentuan, beserta upah selama tidak dipekerjakan terhitung bulan Juli 2015 sampai dengan adanya putusan yang berkekuatan hukum tetap, sesuai dengan Putusan Mahkamah Konstitusi No. 37/PUU-IX/2011 tanggal 19 September 2011. (YUL)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *