Selasa, 12 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.015

Ajukan Gugatan Perselisihan Hak, PHI Tolak Tuntutan Kekurangan Pesangon

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Palembang | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Palembang, menolak tuntutan kekurangan pembayaran uang pesangon dan bantuan biaya karena pekerja meninggal dunia, yang didaftarkan di Kepaniteraan PHI No. 12/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Plg. Pasalnya, ahli waris dari alm. Halimin selaku pekerja PT. Bukit Asam mengajukan gugatan perselisihan hak.

“Menimbang, bahwa seharusnya para Penggugat mengajukan gugatan berdasarkan ketentuan Pasal 166 undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yaitu perselisihan PHK ataupun hubungan kerja berakhir karena pekerja/buruh meninggal dunia,” tegas Hakim JPL Tobing, Rabu (30/3/2016) lalu.

Sedangkan menurut para ahli waris dari almarhum, yang terdiri dari istri dan kedua orang anak, perusahaan yang berada di Tanjung Enim. Sumatera Selatan tersebut, telah keliru dalam menetapkan pembayaran kekurangan pesangon dan bantuan biaya karena pekerja meninggal, sebesar Rp.91 juta. Sebab, perusahaan hanya baru membayar Rp.484,5 juta dari kewajiban yang menurut para ahli waris sebesar Rp.575,6 juta.

Almarhum Hakimin meninggal dunia saat sedang melakukan pekerjaan pada 25 Januari 2015 lalu, yang secara tiba-tiba terjadi longsoran dan menimbun tubuhnya. (YUL)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of