Type to search

Berita

Bekerja Dua Tahun Dikontrak Lima Kali, PHI Nyatakan PKWT Sah

Share
Ilustrasi.

Ilustrasi.

Gresik | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Gresik, menyatakan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) yang dibuat antara Moch. Subandi dengan PT. Mekar Usaha Nasional sebanyak 5 (lima) kali dalam 2 (dua) tahun sejak Juni 2013 hingga Juni 2015, telah sesuai dengan ketentuan Pasal 59 ayat (3) dan ayat (4) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Melalui Putusan No. 2/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Gsk, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Djuanto, menolak tuntutan Subandi untuk dipekerjakan kembali dengan hubungan kerja perjanjian kerja waktu tidak tertentu (tetap), oleh perusahaan yang berada di Jl. Raya Wringinanom, Gresik itu. “Menolak gugatan penggugat seluruhnya,” ujar Hakim Djuanto, Selasa (29/3/2016) lalu.

Selain itu, Majelis Hakim juga menolak bukti-bukti yang diajukan oleh Subandi sebagai penggugat. Diantaranya daftar evaluasi karyawan, kartu pekerja, kartu peserta Jamsostek, dan slip gaji. Pasalnya, bukti-bukti yang diajukan tersebut, hanya berupa foto copy dan tidak dapat ditunjukkan keasliannya. Begitupun dengan bukti slip gaji yang tidak tertulis periodesasi, tidak ada tanda-tangan.

“Menimbang, bahwa bukti slip gaji penggugat, tanpa ada periodesasi untuk kapan dan tanpa ditanda tangani kedua belah pihak yang berkepentingan, maka keabsahan slip tersebut adalah meragukan, sehingga bukti tersebut haruslah diabaikan,” tandas Hakim Djuanto. (HAF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *