Jumat, 20 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
2.204

MA Benarkan PHK Akibat Tak Mencapai Target Pekerjaan

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta | Meskipun Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi dari PT. Mega Central Finance, namun putusan tersebut setidaknya memperkuat Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, No. 179/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Jkt.Pst tanggal 19 Nopember 2015, yang memutuskan dengan menyatakan putus hubungan kerja antara Sigit Setiawan dengan perusahaan akibat pelanggaran indisipliener berupa tidak mencapai target.

Menurut MA dalam putusannya bernomor 126 K/Pdt.Sus-PHI/2016, PHI Jakarta Pusat telah benar dalam menerapkan hukum. Sebab, tindakan Sigit yang tidak mampu memenuhi target pekerjaan, telah diberikan surat peringatan sebanyak 3 (tiga) kali, pada bulan April, Mei dan Juli 2014. “Bahwa Termohon Kasasi ternyata tidak dapat mencapai target dan untuk itu telah mendapat surat peringatan tiga kali berturut-turut, maka beralasan PHK terhadap Termohon Kasasi sesuai ketentuan Pasal 161 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003,” ujar Hakim Yakub Ginting, Kamis (31/3/2016) lalu.

Sigit yang bekerja sebagai credit marketing officer sejak Februari 2012 dengan gaji terakhir sebesar Rp.1,9 juta perbulan, dituduh tidak mencapai target. Akan tetapi, Sigit menyanggah hal tersebut. Lantaran menurutnya, yang tidak mencapai target bukan hanya ia sendiri tetapi mereka tidak diputuskan hubungan kerja seperti dirinya. Selain itu, ia juga mendalilkan dalam gugatannya, perusahaan telah melanggar Undang-Undang Ketenagakerjaan dengan melakukan PHK tanpa putusan pengadilan.

Terhadap sanggahan tersebut, perusahaan yang berlokasi di Jl. Letjend. S Parman, Jakarta itu, menyatakan perbuatan Sigit yang tidak mencapai target merupakan pelanggaran Pasal 31 ayat (7) Peraturan Perusahaan. Tak hanya itu, perusahaan juga membantah jika telah melakukan tindakan PHK sewenang-wenang. Menurutnya, perusahaan telah melakukan tahapan pembinaan sebanyak 3 (tiga) kali, dengan harapan adanya perubahan atau peningkatan kinerja pekerja. (YUL)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of