Senin, 22 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
911

Ketua Serikat Dituduh Palsukan Surat Keterangan Gaji, Anggotanya Datangi Kejari

Ratusan Anggota FSP KEP KSPI datangi Kejaksaan Negeri Gresik, Jum’at (30/9).
Ratusan Anggota FSP KEP KSPI datangi Kejaksaan Negeri Gresik, Jum'at (30/9).
Ratusan Anggota FSP KEP KSPI datangi Kejaksaan Negeri Gresik, Jum’at (30/9).

Gresik | Sekitar 300-an orang pekerja dari anggota Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (SP KEP) yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu, Jum’at (30/9) siang, mendatangi Kejaksaan Negeri Kabupaten Gresik. Mereka menyampaikan rasa solidaritasnya kepada teman seperjuangan yaitu Agus Setia Budi (53 tahun), yang kini sedang menjalani tuduhan pemalsuan surat keterangan gaji untuk permohonan kartu kredit ke salah satu bank swasta.

Tindakan Agus yang merupakan pekerja pada PT. Titani Alam Semesta tersebut dianggap telah merugikan perusahaan, meskipun hingga kini ia tidak pernah menerima kartu kredit yang dimohonkannya, apalagi menggunakannya untuk kepentingan transaksi. Agus disangkakan Pasal 263 ayat (1) dan ayat (2) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Permasalahan tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak tahun 2014, akan tetapi kembali diungkap setelah Agus mulai melakukan pendampingan anggota di tingkat Pengadilan Hubungan Industrial (PHI). Semisal meminta diberikan hak-haknya bagi pekerja yang memasuki usia pensiun, sakit berkepanjangan yang tidak dibayar, status hubungan kerja pekerja kontrak, dan tidak adanya skala upah antara karyawan lama dengan karyawan baru.

Melalui kuasa hukumnya, Effendi S.H., yang juga sebagai Ketua Bidang Advokasi DPC FSP KEP KSPI Kabupaten Gresik, menerangkan bahwa pihaknya sudah melakukan upaya untuk penanguhan penahanan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gresik. Akan tetapi, jika upayanya tidak ditanggapi dengan serius oleh pihak kejaksaan, maka DPC FSP KEP-KSPI Kabupaten Gresik berjanji akan mengerahkan massa yang lebih banyak lagi untuk melakukan aksi didepan kantor Kejari Gresik. (JAR)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of