Type to search

Berita

MA Tetapkan Upah Skorsing Hanya Enam Bulan

Share
Ilustrasi.

Ilustrasi.

Jakarta | “Menghukum Tergugat untuk membayar upah selama skorsing, masing-masing Nuril Latifah, Mariyana, dan Solikamah sebesar 6 (enam) bulan,” demikian diputuskan oleh Majelis Hakim tingkat kasasi pada Mahkamah Agung, yang beranggotakan Hakim Agung Zahrul Rabain, Dwi Tjahyo Soewarsono dan Arsyad, melalui Putusan No. 789 K/Pdt.Sus-PHI/2015, Selasa (2/2/2016) lalu.

Majelis Hakim MA berpendapat, amar Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Gresik, No. 5/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Gsk, yang telah menetapkan besaran upah selama skorsing sebanyak 11 (sebelas) bulan, haruslah diperbaiki menjadi 6 (enam) bulan. “Mahkamah Agung berpendapat, bahwa amar putusan Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Gresik harus diperbaiki sepanjang mengenai upah proses dari 11 bulan menjadi 6 bulan,” ujar Zahrul.

Nuril dan kedua kawannya, menolak keputusan skorsing menuju pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh PT. Pangestu Guna Gloves. Sebab, keputusan yang dikeluarkan pertanggal 7 Maret 2014 itu, dianggap telah bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, lantaran Nuril hanya baru mendapatkan 1 (satu) kali Surat Peringatan (SP).

Terhadap keputusan PHK yang dianggap sepihak itu, membuat Nuril, dkk mengadukan permasalahannya ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik, dan melanjutkannya ke PHI Gresik. Dalam surat gugatannya, Nuril menuntut agar PHI menyatakan perbuatan perusahaan yang berada di Jl. Raya Legundi, Krikilan Driyorejo, Gresik itu, bertentangan dengan UU 13/2003.

PHI diminta menghukum perusahaan untuk wajib membayar kepada dirinya dan kedua temannya, berupa uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak, tunjangan hari raya serta upah selama skorsing sejak bulan Maret 2014. Namun, PHI Gresik pada 26 Mei 2015 hanya mengabulkan sebagian gugatan Nuril. Yaitu upah selama skorsing hingga bulan Februari 2015, sebanyak 11 (sebelas) bulan, dan uang kompensasi pesangon sebesar 1 (satu) kali beserta THR. (YUL)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *