Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.266

Program Magang di Karawang, Disnaker Tak Ingin Ada Pihak Yang Keberatan

Ilustrasi. (gambar: malesbanget.com)
Ilustrasi. (gambar: malesbanget.com)

Karawang | Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, H.A. Suroto, SE, mengajak perusahaan se-Kabupaten Karawang untuk melakukan kemitraan kerjasama dalam program pemagangan dalam negeri. Bentuk kerjasama pemagangan yang diinginkannya, yaitu dalam bentuk fasilitas rekrutmen calon peserta magang.

Dalam draft perjanjian kerjasama yang disalurkan oleh Suroto ke perusahaan-perusahaan, lamanya program pemagangan yang difasilitasi Disnakertrans adalah paling lama 1 (satu) tahun, dan pihak perusahaan berkewajiban menandatangani perjanjian kerjasama dengan lembaga pelatihan kerja yang ditunjuk oleh Disnakertrans.

Perjanjian itu diantaranya memuat klausul mengenai mekanisme penyelesaian perselisihan atas perjanjian yang dibuat antara perusahaan dengan Disnakertrans, melalui musyawarah dan mufakat. Selain itu, diatur pula tentang ketidak-bolehan pihak-pihak lain yang keberatan atau mengajukan tuntutan akibat pelaksanaan perjanjian program pemagangan tersebut.

Dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003, pemagangan dalam negeri diatur dalam Pasal 21, 22 dan 23. Ketentuan tersebut mewajibkan pemagangan dilakukan berdasarkan perjanjian pemagangan secara tertulis, yang dibuat antara pengusaha dengan peserta magang (pencari kerja, siswa lembaga pelatihan kerja dan tenaga kerja yang akan ditingkat kompetensinya. Akibat hukum jika hal tersebut dilanggar, menjadikan status peserta magang berubah menjadi pekerja pada perusahaan yang bersangkutan. (YUL)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of