Kamis, 19 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
898

Anjuran Hanya Berupa Fotocopy, PHI Nyatakan Gugatan Tidak Dapat Diterima

Ilstrasi. (foto: www.kejari-sekayu.go.id)
Ilustrasi. (foto: www.kejari-sekayu.go.id)

Surabaya | Gugatan pemutusan hubungan kerja yang diajukan oleh PT. HP Metals Indonesia, dinyatakan tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard) oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (19/6/2016) lalu. “Mengadili. Dalam konpensi, menyatakan gugatan Penggugat tidak dapat diterima,” tegas Hakim Isjuaedi saat membacakan amar putusan dalam perkara yang diregister dengan No. 40/G/2016/PHI.Sby itu.

PT. HP Metals dianggap tidak mampu memenuhi syarat formal pengajuan gugatan ke PHI. Lantaran sejak persidangan pertama hingga seterusnya, tidak dapat menyerahkan surat anjuran asli yang diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Mojokerto.

“Menimbang, bahwa Majelis Hakim berpendapat, oleh karena setelah beberapa kali persidangan yang telah ditentukan, Penggugat tidak dapat menyerahkan surat anjuran asli yang merupakan surat sah secara hukum sebagai lampiran dalam surat gugatan, serta bukti telah dilakukan mediasi antara Penggugat dan Tergugat, sehingga cukup beralasan hukum gugatan Penggugat belum memenuhi syarat formal,” tutur Isjuaedi.

Perusahaan yang berlokasi di Ngoro Industri Persada, Mojokerto itu, mengaku mengalami kerugian, sehingga akhirnya memutuskan hubungan kerja Achmad Suharjo. Dalam bantahannya, Suharjo menilai perusahaan belum dapat dikatakan tutup, karena faktanya masih menjalankan operasionalnya seperti biasa. Dan atas hal tersebut, Suharjo menuntut balik perusahaan, agar memberikan hak-haknya selama tidak dipekerjakan sejak bulan April 2014. (YUL)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of