Selasa, 15 Oktober 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
3.179

Bekerja Lebih Tiga Bulan, MA: Harian Lepas Berubah Menjadi Pekerja Tetap

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta | Setelah tidak dapat menerima Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya, dengan mengajukan keberatan ke Mahkamah Agung (MA). Akhirnya kasasi yang diajukan oleh PT. Multi Anugerah Lestari Texindo, dinyatakan tidak dapat dibenarkan dan PHI Surabaya tidak salah dalam menerapkan hukum.

Menurut MA, Putusan PHI Surabaya telah tepat dalam menetapkan besaran uang pesangon Imam Syafi’i, dkk (8 orang). “Bahwa Para Pekerja apabila di Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) berhak atas 2 x uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, uang pengganti hak, sesuai Pasal 156 ayat (2), (3), (4) Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” ujar Hakim Agung Yakup Ginting.

Dalam pertimbangan hukumnya, MA menyatakan, “Lagi pula status para Pekerja selaku pekerja harian lepas tidak terbukti, karena para pekerja bekerja selama 8 -12 jam sehari, dan lebih dari tiga bulan, sehingga telah melanggar Pasal 10 ayat (3) Kepmenakertrans Nomor Kep.100/Men/2004 dan berubah menjadi Pekerja tetap,” tegas Ginting saat membacakan Putusan No. 379 K/Pdt.Sus-PHI/2016, Selasa (31/5/2016) lalu.

Sebelumnya, PHI Surabaya dalam Putusan No. 49/G/2015/PHI.Sby tanggal 31 Agustus 2015, telah menghukum perusahaan yang berada di Jl. Tambak Sawah, Waru, Kab. Sidoarjo itu, untuk membayar uang pesangon. Namun perusahaan menolak putusan tersebut, dengan salah satu alasannya adalah bukti-bukti yang diajukan oleh para pekerja, hanya surat anjuran dan hasil pemeriksaan Dinas Tenaga Kerja yang bukanlah sebagai putusan yang bersifat memutus.

Nota Pemeriksaan tersebut hanya merupakan himbauan untuk melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan bukan sesuatu putusan yang bersifat memutus (descissoir) terkait kesalahan suatu pihak, jelas perusahaan dalam permohonan kasasinya. (HAF)

1
Leave a Reply

avatar
0 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of