Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
760

Disnaker Nyatakan Pemagangan, PHI & MA Anggap PKWT

Ilustrasi. (gambar: malesbanget.com)
Ilustrasi. (gambar: malesbanget.com)

Jakarta | Tak terima seluruh gugatannya ditolak oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya melalui Putusan No. 116/G/2015/PHI.Sby, Sutriyah akhirnya mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Dalam alasan-alasan kasasinya, Sutriyah mendalilkan dirinya telah bekerja selama lebih dari 5 (lima) tahun sejak 2009, dan saat diterima bekerja berstatus Peserta Magang.

Ia juga menjelaskan, bahwa Pegawai Mediator Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Pasuruan, dalam anjuran tertulisnya menyatakan, jika dirinya saat bekerja di PT. Angkasaria Indahabadi telah berstatus menjadi pekerja tetap, akibat dari tidak adanya perjanjian pemagangan secara tertulis. Mediator menganggap, perusahaan tidak memiliki ijin untuk mengadakan pelatihan kerja, serta tidak ada perjanjian kerja magang dengan Sutriyah.

Namun, terhadap alasan kasasi Sutriyah tersebut, MA berpendapat, Putusan PHI Surabaya tanggal 29 Februari 2016 lalu itu telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dan tidak pula salah dalam menerapkan hukum. Sebab, hubungan kerja yang terjadi antar keduanya adalah berdasarkan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) selama 2 (dua) tahun, dan diperpanjang selama 6 (enam) bulan.

“Menimbang, bahwa Putusan PHI Surabaya dalam perkara ini, tidak bertentangan dengan hukum dan/atau undang-undang, sehingga permohonan kasasi yang diajukan oleh Pemohon Kasasi Sutriyah tersebut harus ditolak,” ujar Hakim Agung Mahdi Soroinda Nasution, saat membacakan pertimbangan hukum dalam Putusan No. 526 K/Pdt.Sus-PHI/2016, Selasa (26/7/2016) lalu di Gedung MA, Jakarta. (YUL)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of