Type to search

Berita

Kesepakatan dalam Notulen, PHI Anggap Bernilai Eksekutorial

Share
Ilustrasi. (foto: kabarjambi.net)

Ilustrasi. (foto: kabarjambi.net)

Bandung | “Menolak gugatan penggugat untuk seluruhnya,” ujar Hakim Kartim Haerudin membacakan amar Putusan dalam perkara No. 47/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Bdg, di ruang sidang Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Senin (22/8/2016) lalu.

Menurutnya, gugatan yang diajukan oleh Sugiharto, dkk terhadap PT. Brigstone Tire Indonesia yang berkedudukan di Jl. Raya Bekasi, Kota Bekasi itu tidak beralasan hukum dan harus ditolak. Sebab, telah terjadi kesepakatan dalam perundingan pembahasan kenaikan upah tahun 2015 yang tercatat dalam notulen tanggal 17 April 2015, dan telah didaftarkan ke PHI Bandung tertanggal 4 Mei 2015.

“Menimbang, bahwa Tergugat telah melaksanakan kenaikan gaji pokok tahun 2015 yang ditandatangani oleh Para Penggugat dan Tergugat pada tanggal 17 April 2015 yang telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Bandung adalah sah dan mempunyai nilai eksekutorial,” tegas Hakim Kartim yang didampingi Hakim Anggota Abdi Manaf dan Iman Firmansyah.

Perkara perselisihan hubungan industrial tersebut, diajukan oleh 1.336 pekerja terhadap perusahaan ban kendaraan bermotor merk ‘Bridgestone’, yang keberatan terhadap distribusi kenaikan berkala upah tahun 2015. Para pekerja menganggap, pembagian prosentase kenaikan sebesar 3% dari jumlah gaji yang harus dibayar oleh perusahaan, haruslah dibagi dengan prosentase yang sama rata ke seluruh pekerja sejumlah 3.561 orang.

Namun perusahaan memutuskan berbeda dengan tafsiran pekerja, yaitu membagi prosentase kenaikan upah sebesar 3% berdasarkan nilai prestasi kerja dari tiap-tiap pekerja dalam lima kelompok penilaian. Perusahan berdalih, hal tersebut adalah untuk memberikan apresiasi terhadap kinerja masing-masing pekerja. Lagipula menurut perusahaan, keadaan tersebut sudah berlangsung sejak kenaikan upah tahun 2012, 2013 dan 2014. (HAF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *