Minggu, 15 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
849

Peradilan Hubungan Industrial Kerap Abaikan Penyebab Mogok Akibat Pelanggaran Pengusaha

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta | Mogok kerja dengan cara memperlambat atau menghentikan pekerjaan, baik untuk jangka pendek yang bersifat spontanitas, maupun jangka panjang, kerap kali oleh lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial, yang dinilai hanyalah akibatnya bukan penyebabnya. Pengusaha seolah-olah menempatkan dirinya sebagai pihak yang dirugikan jika terjadi mogok kerja, padahal tindakannya tak jarang menabrak ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku.

Pengadilan Hubungan Industrial, sebagai lembaga peradilan yang diharapkan dapat menempatkan dirinya secara netral, tak jarang menjatuhkan putusan berdasarkan akibat yang ditimbulkan dari mogok kerja. Hal demikian menimpa pada Suyono, dkk, mantan pekerja PT. Multi Anugerah Lestari Texindo, yang gugatan dan permohonan kasasinya ditolak oleh PHI Surabaya pada 18 Januari lalu, serta oleh Mahkamah Agung (MA) pada 18 Agustus 2016.

Dalam Putusan bernomor 532 K/Pdt.Sus-PHI/2016, MA hanya mempertimbangkan keabsahan mogok kerja sebagai alasan penolakan permohonan kasasi Suyono. “Bahwa para Pemohon Kasasi/para Pekerja melakukan mogok kerja tidak sah sejak tanggal 3 Juni 2014 sampai dengan tanggal 30 Juni 2014, dan diperpanjang tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan tanggal 26 Juli 2014 yang merupakan mogok kerja tidak sah, serta telah dipanggil masuk kerja tanggal 7, 9, 11 Juni 2014,” ujar Hakim Agung Yulius.

Padahal, Suyono telah mendalilkan adanya dugaan penyimpangan penerapan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) oleh perusahaan yang berlokasi di Jl. Tambak Sawah, Waru, Kab. Sidoarjo tersebut. Bahkan, dugaan itu sudah ditindak-lanjuti oleh Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo, yang pada butir Nota Pemeriksaan bernomor 560/3153/404.3.3/2014 tanggal 24 Juni 2014 menyebutkan, terjadi penyimpangan pengikatan PKWT. Namun menurut Suyono, perusahaan mengabaikan Nota tersebut dan disertai dengan melakukan pelarangan dirinya bersama kedua temannya masuk bekerja. (HAF)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of