Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
4.281

Tak Bayar Pesangon Pensiun, Pengusaha Terancam Dipenjara Hingga Lima Tahun

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta | Bagi pekerja swasta, saat memasuki usia pensiun setidaknya mengalami dua kondisi kejiwaan, senang atau justru sebaliknya. Tak sedikit pengusaha yang enggan untuk memutuskan hubungan kerja pekerjanya dengan alasan usia pensiun, dan membiarkannya tetap melakukan pekerjaan [Baca: MA Tetapkan Batas Usia Pensiun].

Pemutusan hubungan kerja (PHK) karena usia pensiun diatur dengan 6 (enam) ayat dalam ketentuan Pasal 167 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, diantaranya pensiun dengan perikatan program pensiun beserta penerimaan jaminan atau manfaatnya yang iurannya dibayar penuh oleh pengusaha, atau yang iurannya dibayar oleh keduanya, serta pensiun bagi pekerja yang tidak diikutsertakan dalam program pensiun.

Keengganan mem-PHK pekerja karena memasuki usian pensiun, diantaranya adalah karena terdapat faktor kewajiban bagi si-pengusaha untuk membayar uang pesangon yang besarannya dikalikan dua, lalu ditambah uang penghargaan masa kerja serta uang penggantian hak. Bagi sebagian pengusaha yang tidak menghitung komponen uang pesangon dalam biaya produksi, maka kewajiban tersebut kerap diabaikan hingga dibawa ke meja pengadilan oleh pekerjanya [Baca: Ini Dasar Hukum PHI Surabaya Tetapkan Batas Usia Pensiun].

Namun dalam Pasal 184 ayat (1) UU 13/2003, telah menetapkan aturan yang cukup berat bagi pengusaha. Yaitu ancaman penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun, atau denda paling sedikit Rp.100 juta atau paling banyak Rp.500 juta. Kedua sanksi tersebut, dapat dikenakan bagi pengusaha yang tidak bersedia membayar uang pesangon bagi pekerja yang mengalami PHK karena pensiun, karena dianggap sebagai tindak pidana kejahatan. (HAF)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
deny Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
deny
Guest
deny

Slmt sore. Saya Deny. Ingin tanya. Dalam kasus saya perusshaan tdk membayar Uang Pensiun padahal sudah ditetapkan oleh PHI dan sudah proses aanmaning. Apakah dalam hal ini Pimpinan perusahan dpt dipidana dngn tuduhan penggelapan atau lainnya? Apa dasar hukumnya. Terimakasih.