Selasa, 16 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
789

Berhak Dapat Pesangon Meski Dipecat Karena Bekerja Pada Dua Perusahaan

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta | Permohonan kasasi yang diajukan oleh PT. Enka Parahiyangan, ditolak seluruhnya oleh Mahkamah Agung (MA), Selasa (23/8) lalu. Dalam pertimbangan hukumnya pada Putusan No. 615 K/Pdt.Sus-PHI/2016, MA menilai tindakan Suwarno yang bekerja diperusahaan lain yang merupakan perusahaan competitor dari PT. Enka, merupakan pelanggaran yang masih berhak atas uang pesangon.

Pertimbangan hukum MA tersebut, setidaknya menguatkan Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang sebelumnya telah menghukum perusahaan yang berada di Jl. Citra III, Kalideres, Jakarta Barat tersebut, untuk membayar uang pesangon sebesar lebih dari Rp.61 juta.

MA menilai, Putusan PHI No. 267/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Jkt.Pst yang dibacakan tanggal 31 Maret 2016, telah tepat dan tidaklah salah dalam menerapkan hukum. “Ternyata bahwa Putusan Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam perkara ini tidak bertentangan dengan hukum dan/atau undang-undang, sehingga permohonan kasasi yang diajukan oleh Pemohon Kasasi PT. Enka Parahiyangan tersebut harus ditolak,” tegas Hakim Agung Yakup Ginting.

Pada awalnya Suwarno dapat menerima pengakhiran hubungan kerja terhadap dirinya yang telah bekerja selama 15 tahun lebih. Sebagai kepala bagian yang tiap bulannya menerima upah sebesar Rp.3,1 juta, dirinya pada 5 Juli 2013 dijanjikan akan diberikan uang pesangon. Namun hingga dua tahun lamanya, Suwarno tak kunjung diberikan uang pesangon yang telah tertulis dalam Surat Keputusan PHK dirinya, sehingga ia memutuskan untuk mengajukan gugatan ke pengadilan. (YUL)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Barkah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Barkah
Guest
Barkah

Alhamdulillah….