Type to search

Berita

Dipecat Karena Tak Penuhi Target, PHI Kabulkan Gugatan Pekerja

Share
Ilustrasi. (gambar: avatarcube.com)

Ilustrasi. (gambar: avatarcube.com)

Yogyakarta | Merasa diperlakukan tidak adil, akhirnya gugatan Suparman terhadap PT. Sinar Mas Multifinance dikabulkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Yogyakarta. Suparman keberatan dengan tindakan perusahaan yang memutuskan secara sepihak hubungan kerjanya yang telah bekerja sejak tahun 2010.

Alasannya, menurut Suparman, karena dirinya oleh perusahaan yang berkantor pusat di Jl. MH Thamrin, Jakarta itu dianggap tidak mencapai target. Terhadap alasan PHK demikian, Suparman meminta agar PHI Yogyakarta menetapkan pemberian uang pesangon sebesar Rp.12,3 juta.

Menurut Hakim Roedy Suharso, Majelis Hakim tidak menemukan bukti-bukti adanya kesalahan Suparman berupa tidak mencapai target. “Majelis Hakim tidak menemukan fakta-fakta hukum yang membuktikan bahwa atas kesalahan yang dilakukan Penggugat yaitu tidak memenuhi target,” tegas Roedy, Jum’at (30/9/2016).

Meski amar putusan yang diputuskan oleh PHI melebihi dengan tuntutan Suparman yang hanya sebesar Rp.12,3 juta. Namun, PHI beranggapan, pemberian putusan yang seadil-adilnya (ex aequeo at bono) sebagaimana petitum Penggugat adalah demi kemanfaatan, keadilan dan kepastian hukum hubungan kerja antara Penggugat dengan Tergugat. “Mengadili, mengabulkan gugatan Penggugat untuk sebagian, menghukum Tergugat untuk membayar uang yang besar perhitungan seluruhnya sebesar Rp.34,9 juta,” jelas Roedy membacakan amar putusan No. 7/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Yyk. (YUL)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *