Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
784

Tetap Masuk Meski Tak Jalankan Mutasi, MA Kabulkan Kasasi Pekerja

Ilustrasi. (foto: fajar.co.id)
Ilustrasi. (foto: fajar.co.id)

Jakarta | “Bahwa selama tidak melaksanakan pekerjaan, para Pekerja tetap masuk kerja sehingga tidak dapat dikualifikasi mangkir,” ujar Hakim Kasasi pada Mahkamah Agung (MA), Yakup Ginting membacakan pertimbangan hukum dalam perkara No. 779 K/Pdt.Sus-PHI/2016, antara PT. Jaya Nurimba dengan Agus Indarto dan Nurul Hikmat.

Menurutnya, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, telah keliru dalam mengkualifikasikan tindakan Agus dan Nurul sebagai mangkir. Lebih lanjut MA menyatakan, tidak ada alat bukti yang memenuhi ketentuan Pasal 168 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 beserta Penjelasannya, sehingga menjadi tidak beralasan apabila kedua pekerja perusahaan yang berlokasi di Jl. Teuku Umar, Cibitung, Kab. Bekasi tersebut, dinyatakan mengundurkan diri.

Dengan demikian, MA berpendapat, terdapat cukup alasan untuk membatalkan Putusan PHI Bandung Nomor 153/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg., tanggal 18 Februari 2016, yang sebelumnya hanya menghukum perusahaan untuk membayar uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak sebesar Rp.9,2 juta kepada Agus dan Rp.4,6 juta kepada Nurul.

Namun, MA menilai tuntutan terhadap upah proses merupakan perbuatan yang tidak wajar dan tidak patut, karena keduanya telah menolak untuk bekerja ditempat mutasi yang baru. “Menghukum Tergugat membayar uang kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja kepada para Penggugat secara tunai, untuk Agus Indarto sejumlah Rp.30 juta dan untuk Nurul Hikmat sejumlah Rp13,8 juta,” tegas Yakup, Rabu (28/9/2016) lalu. (Yul)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Barkah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Barkah
Guest
Barkah

Case mirip

Salam,
Barkah