Type to search

Buruh Migran

150 Ribu TKI di Taiwan Diduga Idap Virus HIV

Share
Fahri Hamzah. (foto: radarindonesianews.com)

Fahri Hamzah. (foto: radarindonesianews.com)

Jakarta | Fahri Hamzah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), menduga sebanyak 30% dari 500 ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV). Demikian dikatakannya seusai Rapat Paripurna di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/1) kemarin.

Menurutnya, virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia tersebut, diantaranya disebabkan banyaknya kekerasan seksual yang dialami TKI diluar negeri. Ia juga berencana akan memanggil Badan Nasional Penempatan dan Pelindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan Kementerian Ketenagakerjaan, untuk memutuskan perlu tidaknya melakukan investigasi bersama. “Agak mengagetkan juga, ada 30 persen TKI kita di sana mengidap HIV,” imbuhnya.

Ia prihatin dengan keadaan para TKI yang dimuat oleh beberapa koran dan laporan dari lembaga swadaya masyarakat peduli TKI di Taiwan. “Karena itu, tim pengawas kerja luar negeri akan secepatnya memanggil BNP2TKI dan Kemenaker untuk menjelaskan kasus ini,” ungkapnya seraya tak percaya dengan data yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.

Ia mengakui adanya kesulitan dalam upaya untuk mengungkap beberapa fakta terkait kekerasan seksual TKI yang berada di Taiwan. Sebab, lanjutnya, karena Indonesia dan Taiwan yang negaranya berada dibawah kendali China, tidak mempunyai hubungan diplomatik. Dirinya juga menyayangkan keadaan tersebut, namun Pemerintah tetap harus melakukan investigasi laporan demi laporan. Diantaranya, ia juga akan berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri, agar segera melakukan upaya-upaya pendekatan dengan Taiwan, terkait dibolehkannya akses diplomatik untuk mengetahui keadaan sebenarnya. (Haf)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *