Type to search

Jaminan Sosial

Bupati Gowa Tegaskan 119 Ribu Warganya Tak Ikut BPJS Kesehatan

Share
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (foto: tribunnews.com)

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (foto: tribunnews.com)

Gowa | Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menegaskan 119.601 warganya yang termasuk kategori kurang mampu, tak diikut-sertakan ke dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. “Sejak 1 Januari 2017 Pemkab Gowa tidak lagi mengikutsertakan sebanyak 119.601 warga yang termasuk kategori kurang mampu, dan terdata sebagai peserta BPJS Kesehatan. Jadi kita kembali mandiri dengan melaksanakan program kesehatan gratis yang telah berjalan sejak 2009 lalu,” ujar Adnan.

Pihaknya keberatan dengan aturan wajib bagi seluruh rakyat Indonesia untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Menurutnya, jika suatu daerah telah menyelenggarakan jaminan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakatnya, dengan biaya yang ditanggung oleh daerah itu sendiri, maka kewajiban tersebut seharusnya merupakan suatu pilihan, bukan satu-satunya hal yang harus dilakukan.

Atas alasan itulah, Adnan mengajukan permohonan judicial review ke Mahkamah Konstitusi sejak Oktober 2016 lalu. Ia meminta agar MK menyatakan Pasal 4 huruf g Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, bertentangan dengan Undang Undang Dasar Tahun 1945, apabila tidak dinyatakan pengaturan kewajiban menjadi peserta BPJS Kesehatan, hanya berlaku bagi masyarakat yang belum mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan gratis di daerah tempat tinggalnya.

MK sudah memintai Adnan keterangan atas permohonan yang diregisterasi dengan perkara No. 101/PUU-XIV/2016 itu pada 30 Nopember 2016 lalu. Adnan tetap meminta agar MK mengabulkan tuntutannya. Sebab, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas atau Rumah Sakit, masyarakatnya hanya cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) yang diterbitkan Pemerintah Kabupaten Gowa. (Haf)

1 Comment

  1. eko 13 Januari 2017

    Nah, ini contoh bupati pro rakyat.

    Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *