Rabu, 17 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.345

DPR Minta BPJS Ketenagakerjaan Berikan Sanksi Tegas

Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago. (foto: smeaker.com)
Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago. (foto: smeaker.com)
Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago. (foto: smeaker.com)

Jakarta | “Masih banyak pekerja yang belum diikutsertakan sebagai peserta, BPJS Ketengakerjaan harus jemput bola, bila perlu beri sanksi tegas bagi perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya,” kata Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Irma Suryani saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Jumat (27/01) kemarin.

Menurut Irma, sebanyak 60% perusahaan penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing) tidak bersedia mendaftarkan pekerja yang ia tempatkan di perusahaan pemberi kerja menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Terlebih bagi pekerja yang usianya sudah mendekati lima puluh tahun. Saya rasa ini tidak adil,” ujarnya.

Lebih lanjut Irma mengatakan, seharusnya BPJS Ketenagakerjaan melakukan sidak dan memberi penekanan kepada manajemen untuk mendaftarkan pekerjanya ke dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan itu. Pasalnya, ia menilai, jaminan sosial itu diadakan untuk memberi perlindungan bagi pekerja, maka perusahaan harus mendaftarkan karyawannya menjadi peserta.

“Jaminan sosial adalah salah satu bentuk jaminan untuk melindungi para pekerja, masa kerja yang pendek seperti di perusahaan outsourcing, menjadikan para pekerja tidak memiliki kesempatan membayar iuran jangka panjang, akibatnya akumulasi jaminan hari tua, dan pensiun tidak cukup untuk hidup layak dikemudian hari,” imbuhnya.

Irma menilai, kesadaran para pekerja terhadap perlidungan sosial yang terkait keselamatan kerja, perlindungan hari tua masih menjadi tangggung jawab perusahaan, sehingga mereka belum berpikir jaminan hari tua itu bagian dari kesadaran mereka utuk meningkatkan taraf hidup. “Sosialisasi belum disampaikan, sehingga mereka tidak tahu manfaat yang akan diperoleh ketika mereka harus mengiur BPJS ini,” katanya. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of