Type to search

Berita

MA: Tuntutan Pekerja Kontrak Menjadi Tetap Tak Dapat Diajukan Kasasi

Share
Gedung Mahkamah Agung, Jakarta. (foto: wikipedia.com)

Gedung Mahkamah Agung, Jakarta. (foto: wikipedia.com)

Jakarta | Akhirnya Mahkamah Agung (MA) menyatakan permohonan kasasi yang diajukan oleh PT. Siantarjaya Ekatama, tidak dapat diterima. Menurut MA, permohonan yang diajukan mengenai perselisihan kepentingan, yaitu perubahan status hubungan kerja dari pekerja dengan hubungan kerja waktu tertentu menjadi pekerja tetap atau pekerja dengan hubungan kerja waktu tidak tertentu. “Bahwa perkara a quo adalah perkara Perselisihan Kepentingan sebagaimana dimaksud pada Pasal 1 angka 3 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004, karena pokok perkara dalam gugatan a quo adalah berkenaan dengan perubahan perjanjian kerja,” tegas Hakim Agung Zahrul Rabain.

Lanjut Rabain, putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) mengenai perselisihan kepentingan merupakan putusan pada tingkat pertama dan terakhir, yang tidak dapat diajukan upaya hukum kasasi berdasarkan Pasal 56 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004. “Mengadili, menyatakan tidak dapat diterima permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi: PT. Siantarjaya Ekatama tersebut,” ujar Rabain membacakan amar putusan perkara No. 641 K/Pdt.Sus-PHI/2015, Kamis (26/11/2015).

Sebelumnya, PHI pada PN Gresik dalam amar putusannya No. 18/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Gs tanggal 7 April 2015, telah menetapkan status hubungan kerja Suendi, dkk (129 orang) menjadi pekerja tetap dan menghukum perusahaan yang berlokasi di Jl. Raya Karangandong, Gresik tersebut, untuk membayar uang paksa sebesar Rp.500 ribu perhari apabila tidak menetapkan status Suendi, dkk menjadi pekerja tetap.

Suendi terpaksa menggugat perusahaannya ke PHI Gresik, karena tak kunjung ditetapkan sebagai pekerja tetap meski telah ada kesepakatan pengangkatan karyawan. Melalui Serikat Pekerja Kehutanan, Industri Umum, Perkayuan, Pertanian dan Perkebunan yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Suendi meminta PHI untuk menyatakan penetapan hubungan kerjanya sesuai dengan Anjuran Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik. (Haf)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *