Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
885

Menggugat Setelah Dua Tahun Diputus Kontrak, MA: Gugatan Kadaluarsa

PT. Diamond Cold Storage. (foto: okenya-blogspot.co.id)
PT. Diamond Cold Storage. (foto: okenya-blogspot.co.id)
PT. Diamond Cold Storage. (foto: okenya-blogspot.co.id)

Jakarta | Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan keberatan yang diajukan oleh Rosid, dkk (10 orang), terhadap Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung. Penolakan tersebut, lantaran Rosid baru mengajukan gugatan pemutusan hubungan kerja karena berakhirnya perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) setelah dua tahun dirinya diputuskan hubungan kerja sejak 27 Desember 2013 oleh PT. Diamond Cold Storage.

“Bahwa PKWT telah berakhir demi hukum sejak tanggal 27 Desember 2013, sedangkan gugatan Para Penggugat diajukan ke Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Bandung tanggal 23 Desember 2015 (lebih dari satu) tahun), maka berdasarkan Pasal 82 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, gugatan harus dinyatakan kadaluwarsa,” ujar Hakim Agung Zahrul Rabain.

MA juga menilai, perusahaan yang berlokasi di Kawasan MM2100, Bekasi itu, telah memberitahukan rencana pengakhiran kontrak pada 26 Oktober 2013. Serta para pekerja telah pula menerima surat keterangan kerja (vacklaring). Sehingga, putusan PHI Bandung No. 251/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Bdg tanggal 13 April 2016 yang telah menolak gugatan Rosid dan kawan-kawan, telah beralasan hukum dan tidak bertentangan dengan hukum.

“Mengadili, menolak permohonan kasasi dari para Pemohon Kasasi tersebut,” tegas Rabain membacakan amar Putusan pada tingkat kasasi No. 546 K/Pdt.Sus-PHI/2016, yang diucapkan dalam sidang terbuka untuk umum di Gedung MA, Jakarta, Kamis (11/8/2016) lalu. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of