Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
785

Nota Fiktif, PHI: PHK Harus Disertai Uang Pesangon

Ilustrasi. (gambar: detik.com)
Ilustrasi. (gambar: detik.com)
Ilustrasi. (gambar: detik.com)

Padang | Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Padang, memerintahkan kepada PT. Surya Madistrindo, untuk memberikan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak, sesuai ketentuan Pasal 156 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, kepada Andika Syaputra, Kamis (20/10/2016) lalu.

Menurut Hakim Sri Hartati, selaku Ketua Majelis Hakim, PHI tidak dapat menyatakan perbuatan pemberian nota fiktif yang dilakukan Andika sebagai pelanggaran berat. “Majelis Hakim berpendapat, bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh Penggugat dapat dikategorikan pelanggaran ringan, sehingga hak normatif yang dapat diberikan kepada Penggugat mengacu kepada Pasal 161 ayat (3) Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003,” jelas Hartati.

Atas pertimbangan tersebut, PHI menyatakan pemutusan hubungan kerja terhadap Andika yang dilakukan oleh perusahaan yang berlokasi di Jl. Ujung Tanah, Lubuk Begalung, Padang tersebut, sebagaimana ditetapkan oleh Surat Keputusan No. 001/PHK/SM-RO.PKU/II/2016 tanggal 25 Februari 2016, adalah sah.

“Menimbang, bahwa karena Pemutusan Hubungan Kerja Penggugat sah dan berlaku semenjak ditetapkan yaitu pada tanggal 25 Pebruari 2016, maka Penggugat tidak berhak atas upah yang belum dibayarkan oleh Tergugat,” tegasnya. “Menerima gugatan Penggugat untuk sebagian, menghukum Tergugat untuk membayar hak-hak normatif Penggugat yang mengacu pada Pasal 161 ayat (3) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003,” lanjut Hartati membacakan amar Putusan No. 33/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Pdg tersebut. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of