Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
790

Penurunan Omset, PHI Hanya Tetapkan Pesangon Satu Kali Undang-Undang

PT. Best Buy Home Shopping Indonesia. (gambar: bisnis.com)
PT. Best Buy Home Shopping Indonesia. (gambar: bisnis.com)
PT. Best Buy Home Shopping Indonesia. (gambar: bisnis.com)

Pekanbaru | Dengan mempertimbangkan adanya penurunan omset yang mengakibatkan ditutupnya 12 kantor cabang PT. Best Buy Home Shopping Indonesia termasuk pula yang di Pekanbaru, Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, hanya menetapkan pemberian besaran uang pesangon kepada Yulfi Yurnalis, dkk (4 orang), sebesar satu kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), ayat (3) dan ayat (4) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Perusahaan juga mendalilkan tengah mengajukan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, akibat kesulitan biaya operasional yang berdampak pada tertundanya beberapa pembayaran utang perusahaan. “Bukti ini menunjukkan atau sekurang-kurangnya memberikan gambaran terhadap usaha Tergugat sedang dalam kesulitan keuangan, meskipun belum terdapat putusan yang bersifat final atau inkracht,” terang Hakim Yuzaida, Rabu (24/08/2016) lalu saat membacakan putusan dalam perkara yang diregister dengan No. 32/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Pbr.

Sedangkan menurut Yulfi, tindakan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh perusahaan yang berkantor pusat di Cideng Barat, Jakarta Pusat tersebut, merupakan efisiensi. Sehingga penetapan besaran uang pesangon yang ia dan kawan-kawannya peroleh adalah sebesar dua kali ketentuan ketentuan Pasal 156 ayat (2), ayat (3) dan ayat (4) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003.

Terhadap dalil keempat pekerjanya, perusahaan menyatakan telah melakukan penghematan hingga pada pertengahan tahun 2015 tidak lagi mampu membayar biaya operasional, berupa biaya sewa tempat, listrik, air, telepon hingga gaji karyawan. Atas keadaan itu, perusahaan telah berusaha menawarkan uang kompensasi yang besarannya adalah satu bulan upah dikalikan tahun masa kerja pekerja, meski akhirnya belum dapat diterima. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of