Kamis, 18 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.068

Tak Ada Pembatalan, PHI Nyatakan Surat Pengunduran Diri Sah

PT. Internusa Tribuana Citra Multifinance. (foto: jobstreet.com)
PT. Internusa Tribuana Citra Multifinance. (foto: jobstreet.com)
PT. Internusa Tribuana Citra Multifinance. (foto: jobstreet.com)

Banda Aceh | Dalil gugatan Rudy yang menyatakan dirinya telah dipaksa oleh PT. Internusa Tribuana Citra Multifinance untuk membuat mengundurkan diri secara tertulis, dianggap oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Banda Aceh, tidaklah dapat dibuktikan. “Penggugat harus dapat membuktikan adanya paksaan, atau tekanan atau intimidasi dalam penandatanganan surat pengunduran diri Penggugat tersebut,” tegas Hakim Ngatemin, Senin (5/9/2016) lalu.

Menurut Ngatemin, Rudy seharusnya dapat menulis surat baru yang berisi pembatalan atas surat pengunduran diri yang ia buat dengan tulisan tangan sendiri pada 23 Nopember 2015. “Namun faktanya, tidak ada bukti tertulis yang diajukan Penggugat di dalam persidangan tentang pembatalan surat pengunduran diri Penggugat,” lanjutnya membacakan pertimbangan hukum dalam perkara yang diregister dengan No. 5/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Bna tersebut.

Terhadap kedua pertimbangan itu, PHI Banda Aceh menolak untuk mengabulkan gugatan Rudy yang meminta diberikan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, uang penggantian hak, upah selama tidak bekerja, tunjangan hari raya dan istirahat tahunan yang berjumlah sebesar Rp.87,7 juta.

“Mengadili, mengabulkan gugatan Penggugat untuk sebagian. Menyatakan putus dan berakhir hubungan kerja antara Penggugat dengan para Tergugat karena Penggugat mengundurkan diri terhitung sejak Penggugat mengundurkan diri pada tanggal 23 Nopember 2015,” tandas Ngatemin. (Yul)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of