Type to search

Berita

Tak Dapat Buktikan Adanya Hubungan Hukum, MA Kabulkan Kasasi Perusahaan

Share
Anggota KASBI saat berunjuk rasa didepan PT. Multimas Nabati Asahan (foto: metrosiantar.com)

Anggota KASBI saat berunjuk rasa didepan PT. Multimas Nabati Asahan (foto: metrosiantar.com)

Jakarta | Mahkamah Agung (MA) membatalkan Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Medan, yang menghukum PT. Multimas Nabati Asahan untuk membayar kepada Mahyar berupa uang pesangon sebesar Rp.58,3 juta. Menurut MA, Mahyar dinilai tidak dapat membuktikan adanya hubungan hukum, antara dirinya dengan perusahaan yang di Kesawan, Medan Barat tersebut.

Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Agung Zahrul Rabain, menyatakan hubungan hukum Mahyar adalah dengan PT. Kuala Cemerlang, yang merupakan perusahaan penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing). “Bahwa pekerja tidak mempunyai legal standing untuk menggugat PT. Multimas Nabati Asahan, karena tidak ada satu bukti atau keterangan saksi-saksi yang menyatakan bahwa pekerja mempunyai hubungan hukum dengan PT. Multimas Nabati Asahan, yang ada hanya hubungan hukum seluruhnya antara pekerja dengan PT. Kuala Cemerlang yang didasarkan kepada perjanjian kerja,” tegas Rabain, Kamis (26/5/2016) lalu.

“Mengadili sendiri, menyatakan gugatan Penggugat tidak dapat diterima,” ujar Rabain membacakan amar putusan kasasi yang teregisterasi dengan No. 153 K/Pdt.Sus-PHI/2016. Dengan demikian, Putusan PHI Medan bernomor 50/Pdt.Sus-PHI/2015 tanggal 28 September 2015, dinyatakan batal.

Putusan MA tersebut, setidaknya tidak hanya membatalkan Putusan PHI. Namun juga berbeda dengan pendapat Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Batu Bara, yang telah menerbitkan Nota Pemeriksaan Nomor : 560/603/2014 bertanggal 19 Mei 2014 kepada PT. Multimas Nabati Asahan. Dalam Nota itu, disebutkan kewajiban perusahaan untuk melaporkan jenis pekerjaan penunjang yang diserahkan ke PT. Kuala Cemerlang, karena dapat mengakibatkan peralihan hubungan kerja. (Haf)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *