Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
929

Terima Uang Terima Kasih Dari Kontraktor, MA: Adil Mendapatkan Pesangon

PT. PP London Sumatera Indonesia. (foto: bisnis.com)
PT. PP London Sumatera Indonesia. (foto: bisnis.com)
PT. PP London Sumatera Indonesia. (foto: bisnis.com)

Jakarta | Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) yang dipimpin oleh Hakim Agung Yulius, mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan oleh Erwinsyah dan Mastar Arief, dengan membatalkan Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Medan. Sebelumnya, PHI Medan melalui Putusan No. 209/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Mdn, hanya menghukum PT. PP London Sumatera Indonesia memberikan uang penggantian hak sebesar 15% dari jumlah uang pesangon dan penghargaan masa kerja.

Menurut MA, meskipun ketentuan Pasal 158 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 telah dinyatakan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat, namun tindakan kedua pekerja perusahaan yang berlokasi di Kesawan Medan Barat, Medan yang pernah meminjamkan dan menerima uang terima kasih dari kontraktor, dianggap MA tidaklah memiliki kandungan bobot yang setara sebagai kesalahan berat.

“Walaupun sudah diatur dalam peraturan perusahaan tidak serta merta dapat diterapkan dengan kompensasi yang sama dengan kesalahan berat, sehingga dalam perselisihan ini adil pemutusan hubungan kerja terhadap kedua pekerja dengan kualifikasi pelanggaran Pasal 161 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, yaitu satu kali uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak,” ujar Yulius, Rabu (28/9/2016).

“Menghukum Tergugat membayar hak-hak Para Penggugat Erwinsyah, sebesar Rp.196,7 juta dan Masfar Arief, sebesar Rp.142 juta,” lanjut Yulius membacakan amar putusan kasasi yang diregisterasi dengan Nomor 602 K/Pdt.Sus-PHI/2016 itu. (Haf)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of