Minggu, 15 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.852

DP 1 Persen, BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Perumahan Bagi Pekerja

Ilustrasi Program Satu Juta Rumah. (foto: baruaja.com)
Ilustrasi Program Satu Juta Rumah. (foto: baruaja.com)
Ilustrasi Program Satu Juta Rumah. (foto: baruaja.com)

Jakarta | Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Agus Susanto, mempersilahkan bagi pekerja yang belum mempuyai rumah, untuk memiliki fasilitas Manfaat Layanan Tambahan (MLT), berupa pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hingga 99% dari harga rumah.

Menurut Agus, para pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mengajukan pinjaman uang muka perumahan, pinjaman renovasi rumah hingga kredit konstruksi. Untuk memiliki fasilitas tersebut, Agus menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi pekerja. Diantaranya telah terdaftar sebagai peserta aktif minimal setahun, perusahaan tempat pekerja bekerja tertib administrasi dan iuran, serta belum memiliki rumah sendiri.

Bagi pekerja yang sudah memiliki rumah, tetapi ingin mengajukan pinjaman renovasi, maka selain syarat yang telah disebutkan, Agus juga menegaskan penggunaan dana pinjaman renovasi hanya untuk memperbaiki rumah atas nama pekerja itu sendiri. Dan yang paling penting, tuturnya, lolos verifikasi bank penyalur.

“Saat ini kami telah bekerja sama dengan Bank BTN untuk penyaluran fasilitas pinjaman ini. Nanti kedepannya kami akan bekerjasama dengan seluruh Bank Pemerintah, termasuk Bank Pemerintah Daerah,” ujar Agus melalui keterangan tertulis kepada redaksi, Minggu (26/02) kemarin. (-02)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of