Type to search

Buruh Migran

Kunjungan Raja Salman, Anggota DPR Tak Masalah Moratorium Dicabut

Share
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud. (foto: kompas.com)

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud. (foto: kompas.com)

Jakarta | Kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud ke Indonesia, Rabu (01/03) esok siang, diharapkan dapat memperbaiki kondisi kemitraan dalam bidang pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Arab Saudi. Demikian dikatakan Anggota Komisi IX dari Fraksi Nasdem, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Irma Suryani, Senin (27/02) kemarin.

Irma menilai, Pemerintah Indonesia dapat saja kembali menjajaki pengiriman TKI pengguna perseorangan ke Arab Saudi pasca moratorium sejak Mei 2015 lalu. Sebagai negara tujuan penempatan TKI, menurut Irma, Arab Saudi salah satu negara penempatan TKI terbesar bagi Indonesia dan menjadi mitra strategis dibidang kerjasama ketenagakerjaan.

Penyebab keputusan moratorium oleh Indonesia, akibat banyaknya kasus-kasus kekerasan yang dialami para TKI yang bekerja di negara tersebut. “Yang harus disampaikan pemerintah pertama kepada Raja arab adalah menyampaikan situasi yang membuat kita melakukan moratorium. Setelah itu baru minta ada perimbangan kebijakan di Arab dengan kita,” tutur Irma.

Langkah pencabutan moratorium dapat kita lakukan, dan tidak ada masalah, jika Pemerintah Arab Saudi dapat memberikan ekstra kepastian perlindungan hukum. “Jadi bisa saja pengiriman TKI dilanjutkan sepanjang kebijakan di Arab bisa diterima dan sesuai dengan kebijakan kita. Harus jelas, prosedur dan perlindungan hukum. Kalau bisa dibicarakan kembali, tak masalah moratorium dicabut,” tegasnya. (-02)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *