Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.018

Meski Sudah Mengundurkan Diri, MA: Adil Diberikan Uang Pesangon

Gedung Mahkamah Agung, Jakarta.
Gedung Mahkamah Agung, Jakarta.

Jakarta | Mahkamah Agung (MA) menilai Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya, Nomor 98/G/2015/PHI.Sby tanggal 14 Desember 2015, telah berkeadilan dengan menghukum PT. Beton Indotama Surya membayar uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak kepada Djoko Mariyanto.

Majelis Hakim Kasasi yang diketuai oleh Hakim Agung Zahrul Rabain berpendapat, Djoko telah bekerja selama 23 tahun lebih, dan juga telah berusia 59 tahun. Sehingga, menurut Rabain, pengunduran diri bertanggal 30 Mei 2014 yang dilakukan Djoko karena sering tidak masuk, haruslah disertai dengan pemberian uang pesangon.

Dalam gugatannya, meskipun Djoko mengakui telah membuat pernyataan pengunduran diri yang efektif pertanggal 1 Juni 2014, namun perusahaan yang berlokasi di Jl. Raya Made, Lakarsanti, Surabaya tersebut, sama sekali tidak memberikan hak-hak dirinya selama bekerja. Diantaranya, uang pensiun saat dirinya telah memasuki usia 55 tahun, dan uang pisah saat ia mengundurkan diri. Atas alasan tersebutlah, Djoko menuntut perusahaan memberikan uang pesangon sebesar Rp.66 juta lebih.

“Bahwa mengingat masa kerja Termohon Kasasi sudah mencapai 23 tahun dan 4 bulan, serta usia Termohon Kasasi telah mencapai 59 tahun, dan Termohon Kasasi mengajukan pengunduran diri karena Termohon Kasasi sering tidak masuk. Maka berdasarkan keadilan, selayaknya Termohon Kasasi dapat diberikan uang pesangon sebesar Rp.43,9 juta,” tegas Rabain, Rabu (26/10/2016) lalu saat membacakan putusan dalam perkara yang diregisterasi dengan No. 892 K/Pdt.Sus-PHI/2016. (-03)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of