Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
2.210

Operator & Security SPBU Bukan Jenis Pekerjaan Yang Dapat Dikontrak

Ilustrasi. (foto: thepasarwajonews.com)
Ilustrasi. (foto: thepasarwajonews.com)
Ilustrasi. (foto: thepasarwajonews.com)

Jakarta | Akhirnya, PT. Gasina tetap dihukum untuk membayar kepada Erwin, dkk (10 orang) berupa uang pesangon sebesar 2 (dua) kali ketentuan undang-undang, meskipun hubungan kerja keduanya berasal dari perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak). Pasalnya menurut Majelis Hakim tingkat Kasasi pada Mahkamah Agung (MA), yang diketuai oleh Hakim Agung Yakup Ginting, operator dan security pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bukanlah pekerjaan yang dapat diperjanjikan kontrak.

“Bahwa Para Pekerja/Termohon Kasasi bekerja selaku operator pompa bensin dan security pompa bensin pada usaha pengusaha yang bergerak dalam penjualan dan pendistribusian bahan bakar minyak (pengelolaan SPBU), bukan jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaan yang akan selesai dalam waktu tertentu, dengan demikian tepat dalam hubungan kerja PKWTT/Pekerja Tetap dengan Pengusaha/Termohon Kasasi,” ujar Ginting, Rabu (28/9/2016) lalu.

Terhadap pertimbangan demikian, MA dalam amar putusannya Nomor 734 K/Pdt.Sus-PHI/2016, menghukum perusahaan yang berlokasi di Jl. Andi Pangeran Pettarani, Rappocini, Makassar tersebut, untuk membayar uang kompensasi pesangon yang seluruhnya sebesar Rp.286,6 juta. “Menghukum Tergugat untuk membayar uang kompensasi PHK kepada Para Penggugat,” tegas Ginting.

Namun, menurut Ginting, penetapan besaran upah proses yang telah diputuskan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Makassar Nomor 17/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Mks tanggal 7 Januari 2016, sebanyak 12 (dua belas) bulan upah haruslah diperbaiki hanya 3 (tiga) bulan upah. Ia mendasarkan lamanya proses penyelesaian perselisihan sampai dengan gugatan diajukan melalui perundingan bipartit, mediasi dan gugatan ke Pengadilan, sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004, hanyalah mencapai 3 (tiga) bulan. (-02)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of