Selasa, 19 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.131

PHI: Putusan Bekerja Kembali Sering Tidak Dipatuhi Pengusaha

Warehouse PT. Gita Snack. (foto: gitasnack.com)
Warehouse PT. Gita Snack. (foto: gitasnack.com)
Warehouse PT. Gita Snack. (foto: gitasnack.com)

Semarang | Apabila PT. Gita Snack dalam kurun waktu enam bulan sejak tanggal 31 Oktober 2016 tidak mempekerjakan kembali Jujun Bovianto, maka hubungan kerja keduanya dinyatakan putus dengan disertai pembayaran uang pesangon sebesar Rp.55,2 juta. Demikian pertimbangan hukum Hakim Edy P Siregar, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Semarang, yang berpendapat, bahwa putusan mempekerjakan kembali sering tidak dipatuhi oleh pengusaha.

Edy menyatakan, apabila PT. Gita tidak menjalankan putusan mempekerjakan kembali secara sukarela, maka perusahaan nyata-nyata menginginkan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan Jujun. “Oleh karena itu sejak putusan ini diucapkan sampai dengan enam bulan ke depan, apabila Tergugat tidak mempekerjakan kembali Penggugat, maka Penggugat berhak atas uang pesangon,” tegas Edy, Senin (31/10/2016).

Anggapan perusahaan yang menilai tindakan Jujun telah mengundurkan diri, dipandang Edy tidak memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sebab, tindakan Jujun tersebut, diawali dari adanya pemberian sanksi ganti rugi sebesar Rp.725 ribu, yang dikualifikasikan sebagai bentuk intimidasi atau tekanan dari perusahaan.

“Majelis berpandangan hal demikian merupakan indikasi tekanan atau intimidasi dari perusahaan berupa sanksi ganti rugi yang ditentukan secara sepihak oleh Tergugat tanpa melalui surat peringatan apabila karyawan melakukan kesalahan”, tukasnya membacakan pertimbangan hukum dalam perkara yang diregisterasi dengan No. 38/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Smg itu.

Terhadap pertimbangan tersebut, PHI menyatakan pengunduran diri Jujun yang telah bekerja selama lebih dari 15 tahun, batal demi hukum. Dan perusahaan yang berlokasi di Jl. Indronoto, Kartasura, Kab. Sukoharjo itu, diperintahkan untuk mempekerjakan kembali Jujun setelah putusan diucapkan. (-02)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of