Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.144

100 Ribu Pekerja BUMN Belum Masuk BPJS Kesehatan, Ini Kata Menterinya

BUMN, Rini M Soemarno. (foto: detikcom)
Menteri BUMN, Rini M Soemarno. (foto: detikcom)

Jakarta | Dari 609 ribu pekerja pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), baru 509 ribu pekerja yang sudah terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, demikian dikatakan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fahmi Idris. Menurutnya, bagaimana perusahaan swasta mau bergabung, jika perusahaan milik negara saja masih belum sepenuhnya terdaftar sebagai peserta.

Ia mengharapkan, BUMN menjadi role model alias motor penggerak dalam keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). “Bagaimana swasta mau ber­gabung, kalau perusahaan milik negara sendiri tidak seluruhnya terdaftar guna mendukung pro­gram negara? Kalau ada kekha­watiran soal layanan atau menja­di double cost bagi perusahaan, ini bisa kita cari jalan keluarnya bersama,” imbuhnya.

Kementerian BUMN memang mengakui masih ada perusahaan-perusahaan pelat merah yang belum berpartisipasi dalam program BPJS Kesehatan. Bahkan Menteri BUMN, Rini M Soemarno merasa heran dengan laporan tersebut. Menurutnya, masih ada satu BUMN yang belum terdaftar sama sekali pekerjanya dalam program BPJS Kesehatan.

“Sedih juga, masih dengar belum semua BUMN berpartisi­pasi. Katanya, ada satu BUMN yang sama sekali belum. Tapi, saya nggak dikasih tahu BUMN mana. Ada yang baru sebagian, ini mesti digetok akhir tahun su­dah terdaftar semuanya, seperti PLN, Pertamina Perum Perhu­tani, terutama Bank Mandiri, BRI, BNI, ini perusahaan besar semua,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, ada sebanyak 48 perusahaan yang kepeser­taannya baru 80 persen dan ada sebanyak 16 perusahaan BUMN yang baru 15 persen pegawainya terdaftar. “Tidak ada lagi alasan, untuk tidak ikut BPJS Kesehatan. Apa yang belum tercover oleh BPJS bisa dikemukakan. Saya minta, programnya BPJS tidak hanya memberikan layanan kesehatan bagi yang sakit, tapi juga mem­buat program bagaimana orang bisa sehat. Jadi, cost cover-nya juga rendah,” ungkapnya. (-02)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of