Kamis, 18 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.683

Kemenko PMK Dorong BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan Pekerja Migran

Rakor Kemenko PMK bersama Kemenaker, di BPJS Ketenagakerjaan, Jum’at (03/03) kemarin.
Rakor Kemenko PMK bersama Kemenaker, di BPJS Ketenagakerjaan, Jum'at (03/03) kemarin.
Rakor Kemenko PMK bersama Kemenaker, di BPJS Ketenagakerjaan, Jum’at (03/03) kemarin.

Jakarta | Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), terus mendorong peran aktif Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, dalam memberikan perlindungan kepada pekerja migran. Langkah tersebut, terus dimaksimalkan Kemenko PMK, diantaranya dengan menggelar rapat koordinasi melibatkan Kementerian Ketenagakerjaan dan Pengurus BPJS Ketenagakerjaan, Jum’at (03/03) kemarin.

Dalam rapat tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Sujatmiko, mengajak Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kemnaker, Maruli Apul Hasiloan, untuk membahas peranan BPJS Ketenagakerjaan dalam perlindungan jaminan sosial bagi para pekerja migran. Menurutnya, Pemerintah dapat memasukkan klausul peranan BPJS Ketenagakerjaan didalam pembahasan revisi Undang-Undang Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia.

 “Pemerintah dalam hal ini harus mampu mendorong perusahan untuk wajib mengasuransikan pekerjanya. Jika ada perusahaan yang belum mengasuransikan pekerjanya pemerintah harus tegas menyikapinya,” tutur Sujatmiko dalam rakor yang diselenggarakan di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan, Jl.Jend. Gatot Soebroto No. 79, Jakarta Selatan itu.

Sujatmiko juga menjelaskan, bahwa BPJS Ketenagakerjaan dapat memberikan empat jaminan kepada para pekerja migran. Yaitu, Jaminan Kematian (JKM) terdiri atas meninggal bukan akibat kerja-meninggal akibat kerja-dan beasiswa anak. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) terdiri atas: biaya pengobatan dan perawatan-santunan kecacatan sebagian/tetap-beasiswa anak-dan manfaat return to work. Jaminan Hari Tua (JHT) terdiri atas akumulasi iuran dan hasil investasi, persiapan hari tua dan kepemilikan rumah, discount; dan  Jaminan Pensiun. (-02)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of