Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.403

Langgar PKB, MA Setujui Usia Pensiun Awak Kabin 46 Tahun

Awak kabin wanita PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk. (foto: wikipedia.org)
Awak kabin wanita PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk. (foto: wikipedia.org)
Awak kabin wanita PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk. (foto: wikipedia.org)

Jakarta | Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan oleh PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk, dengan membatalkan Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang sebelumnya telah menyatakan usia pensiun bagi Sri Yanelvia Dewi, dkk (33 orang) harus tunduk pada Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Sri dan teman-temannya merasa diperlakukan tidak adil, saat dibagikan form pengajuan perubahan usia pensiun normal bagi awan kabin wanita. Tindakan PT. Garuda dinilai sebagai bentuk pemaksaan, diskriminasi dan melanggar Konvensi Organisasi Perburuhan (ILO) No. 111. Sehingga Sri meminta agar PHI menyatakan batal form pengajuan perubahan usia pensiun, dan meminta PT. Garuda dihukum untuk membayar uang Rp.12 juta perhari, apabila putusan PHI tidak dilaksanakan.

Kala itu, PHI dalam petikan putusannya No. 236/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Jkt.Pst menyatakan, perubahan usia pensiun bagi awak kabin wanita dari 56 tahun menjadi 46 tahun, tidak sah dan batal demi hukum. Sehingga, PKB yang telah disahkan oleh Keputusan Dirjen PHI & Jamsos Departemen Tenaga Kerja, sebagai dasar hukum yang sah serta mengikat bagi pekerja dan perusahaan.

Menurut MA, penyimpangan batas usia pensiun dari 56 tahun menjadi 46 tahun, tidaklah dapat dikatakan sebagai tindakan diskriminasi dan bertentangan dengan PKB. “Bahwa permohonan yang ditanda tangani oleh para Penggugat untuk pensiun umur 46 tahun menyimpang dari ketentuan 56 tahun, merupakan pilihan para Penggugat dan tidak dapat dikualifisir sebagai tindakan diskriminasi dan tidak bertentangan dengan Konvensi ILO,” demikian pertimbangan hukum pada Putusan MA No. 698 K/Pdt.Sus-PHI/2016. (-02)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of