Type to search

Berita

MA Benarkan Alasan Mutasi Akibat Perusahaan Cabang Tutup

Share

Ilustrasi.

Jakarta | Pemindahan tugas atau pekerjaan yang biasa dikenal dengan mutasi, tidaklah boleh dilakukan secara sewenang-wenang. Sebab, bagi pekerja yang telah menanda-tangani perjanjian kerja tertulis, telah disebutkan jabatan atau bagian kerja penempatan dirinya, yang berdasarkan ketentuan Pasal 55 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, hanya dapat diubah apabila disetujui oleh pekerja dan perusahaan. Oleh karenanya, ketentuan pengaturan mekanisme mutasi haruslah dibuat secara terang benderang, agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Meski demikian, perusahaan diberikan hak untuk memindahkan pekerja dari suatu bagian ke bagian lain, atau dari suatu jabatan ke jabatan lain, atau dari suatu tempat kerja ke tempat kerja lain, dengan syarat umum yang biasa diatur dalam perjanjian kerja, dikarenakan adanya suatu alasan mendesak, seperti kesehatan pekerja, ketidak-cakapan pekerja bekerja, berkurang atau bertambahnya pekerjaan.

Menurut Mahkamah Agung (MA) dalam perkara antara Samuel dengan PT. Gold Coin Indonesia, penolakan mutasi tanpa pengurangan hak-hak yang biasa diterima oleh Samuel adalah keliru. Sebab, mutasi sebagai wewenang perusahaan akibat dari ditutupnya perusahaan cabang tempat ia bekerja di Tanjung Morawa dan dipindahkan ke Medan, adalah solusi yang patut serta wajar. Sehingga, ketidakhadiran dirinya ditempat bekerja yang baru, yakni di Medan haruslah dikualifikasikan sebagai pengunduran diri yang hanya berhak atas uang penggantian hak.

Keputusan yang sama [Baca: Panggilan Kerja Melalui SMS, PHI Anggap Sebagai Panggilan Patut], sebelumnya telah diterbitkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Medan, No. 9/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Mdn tanggal 14 April 2016. PHI Medan hanya menetapkan hak yang diterima oleh Samuel adalah sebesar Rp.24,8 juta sebagai uang pisah akibat pengakhiran hubungan kerja karena kualifikasi mengundurkan diri. (-02)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *