Selasa, 16 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.009

Perhatikan Hal Ini, Jika Dipindahkan ke Kantor Perusahaan Luar Negeri

PT. Punj Lloyd Indonesia. (foto: kabar24.bisnis.com)
PT. Punj Lloyd Indonesia. (foto: kabar24.bisnis.com)
PT. Punj Lloyd Indonesia. (foto: kabar24.bisnis.com)

Jakarta | Bekerja pada perusahaan yang memiliki kantor cabang diluar negeri, sepintas menyenangkan dan membanggakan. Sebab, kemungkinan dijamin kebutuhan sehari-harinya saat berada diluar negeri, kesempatan tersebut juga dapat digunakan untuk aktifitas lainnya, seperti liburan dan bersekolah kembali. Namun, ada juga sisi yang harus diperhatikan, mengingat persoalan hubungan kerja antara siapa dengan siapa, haruslah jelas serta tegas diatur sebelum dilakukan penempatan pekerjaan diluar negeri.

Semisalnya Irwanto, ia dinilai Mahkamah Agung (MA) telah keliru dalam mengajukan gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerjanya, hanya kepada PT. Punj Lloyd Indonesia, tempat bekerjanya sebelum ditempatkan di PT. Punj Lloyd Ltd di Mumbai-India. Majelis Hakim MA, yang diketuai oleh Hakim Agung Zahrul Rabain, menilai gugatan Irwanto salah alamat (error in persona). Karena seharusnya, PT. Punj Lloyd Ltd diajukan sebagai Turut Tergugat.

“Bahwa Pemohon Kasasi seharusnya juga mengajukan PT. Punj Lloyd, Ltd. di Mumbai sebagai Turut Tergugat, karena sejak 18 Juni 2014 Pemohon Kasasi sudah tidak ada hubungan kerja dengan PT. Punj Lloyd Indonesia dan telah diterima bekerja di PT. Punj Lloyd, Ltd. di Mumbai dan mendapatkan upah dari PLL Mumbai, karenanya gugatan tersebut kurang pihak,” demikian petikan pertimbangan hukum dalam Putusan MA No. 692 K/Pdt.Sus-PHI/2016 bertanggal 29 September 2016.

Sebelumnya, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, juga telah memutus gugatan Irwanto terhadap PT. Punj Lloyd Indonesia, tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard). Atas putusan PHI beregister 263/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Jkt.Pst tanggal 7 Maret 2016 tersebut, Irwanto mengajukan permohonan kasasi ke MA. (-03)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of