Type to search

Berita

Perusahaan Outsourcing Tak Ikut Digugat, MA Batalkan Putusan Status Pekerja Tetap

Share

Ilustrasi.

Jakarta | PT. NX Indonesia dihukum untuk menetapkan status hubungan kerja Nana Rusmayana, dkk (15 orang), dari semula pekerja pada perusahaan penyedia jasa pekerja (outsourcing) menjadi pekerja tetap terhitung sejak 16 April 2013. Namun putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang yang dibacakan 2 Maret 2016 lalu itu, dibatalkan oleh Mahkamah Agung (MA).

Tidak ikut digugatnya perusahaan outsourcing oleh Rusmayana, menjadi pertimbangan bagi MA, untuk menyatakan gugatan tidak dapat diterima. Pendapat tersebut, menurut MA, karena adanya dalil gugatan yang menyatakan para pekerja sejak Januari 2002 mempunyai hubungan kerja dengan perusahaan outsourcing, sehingga hubungan kerja para pekerja dengan perusahaan outsourcing.

Atas pertimbangan hukum tersebut, MA dalam Putusannya No. 634 K/Pdt.Sus-PHI/2016, membatalkan Putusan PHI Serang No. 83/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Srg, dan dengan mengadili sendiri, MA menyatakan gugatan Rusmayana, dkk tidak dapat diterima, disertai dengan menghukum Rusmayana membayar biaya perkara sebesar Rp.500 ribu.

Sebelumnya, Rusmayana menggugat perusahaan yang berlokasi di Kawasan Industrial Estate, Kota Cilegon tersebut, untuk menyatakan status pekerja outsourcing dirinya demi hukum menjadi pekerja tetap PT. NX. Dan disertai dengan kewajiban untuk menerbitkan Surat Pengangkatan, yang diantaranya berisi pula besaran upah yang disesuaikan dengan upah yang diterima pekerja tetap lainnya. (-02)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *