Type to search

Berita

PHI Tetapkan Besaran Pesangon Lebihi Tuntutan, MA: Putusan Ultra Petita

Share

Ilustrasi.

Jakarta | Dinilai memutus melebihi apa yang diminta (ultra petita), Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Denpasar dibatalkan Mahkamah Agung (MA). Gusti Ayu Made Marliani hanya menuntut pembayaran uang pesangon dan kekurangan upah sejak tahun 2011 hingga 2015 kepada CV. Naka, sebesar Rp.43,1 juta. Namun, PHI Denpasar menetapkan kewajiban CV. Naka sebesar Rp.63,9 juta.

Menurut MA, Putusan PHI bernomor 7/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Dps tanggal 21 Juni 2016 tersebut, haruslah diputus sesuai dengan apa yang diminta dalam gugatan. Sehingga, MA menilai cukup beralasan menurut hukum untuk mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan CV. Naka.

Dengan demikian, MA menyatakan batal Putusan PHI Denpasar dan mengadili sendiri, dengan menghukum CV. Naka membayar hak-hak Gusti Ayu sebesar Rp. 43,1 juta, sebagaimana tersebut dalam petikan Putusan MA No. 800 K/Pdt.Sus-PHI/2016, bertanggal 8 Nopember 2016.

Sebelumnya, alasan Gusti Ayu menggugat CV. Naka karena diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak pada 28 Desember 2015. Gusti Ayu yang saat itu baru bekerja selama 4 (empat) tahun, tidak dapat menerima pengakhiran hubungan kerja yang tanpa adanya pemberian surat peringatan tersebut. Meskipun dirinya oleh pemilik perusahaan pernah disebut sebagai “monyet Bali bodoh”, hingga ditantang jika perkara itu dilanjutkan secara hukum maka ia tak akan mendapatkan apa-apa, Gusti Ayu tetap menggugat perusahaan ke PHI. (-02)

4 Comments

  1. Jono 14 Maret 2017

    Putusan MA tidak berpihak pada buruh.

    Balas
  2. link alternatif 18hoki 13 Januari 2019

    Nah postingan kali ini sangat bermanfaat, saya sering berkunjung dan membaca postingan disini.
    Emang keren-keren kontennya. Salah satu blog yang recommended deh.

    Balas
  3. link alternatif 18hoki 23 Januari 2019

    Baru sempet baca postingan ini hari ini, dan ternyata kontennya menarik banget.
    Kayaknya aku akan sering mampir di mari, semangat update terus
    kontennya ya min.

    Balas
  4. mposport 24 Januari 2019

    walaupun banyak yang nulis konten seperti ini,
    tapi saya lebih suka konten yang di tulis di blog ini.

    Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *