Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.583

Tak Punya Buku Daftar Pekerja Harian Lepas, Status Pekerja Menjadi Tetap

Ilustrasi. (foto: indonesialaborlaw.com)

Jakarta | Meskipun salahsatu Hakim Agung pada Mahkamah Agung (MA) mengajukan pendapat yang berbeda (Dissenting Opinion), namun akhirnya permohonan kasasi yang diajukan oleh PT. Kwang Jin Indonesia terhadap Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung No. 66/Pdt.Sus-PHI/2016/PN.Bdg tanggal 5 September 2016, ditolak MA.

Menurut MA, alasan permohonan kasasi yang diajukan oleh perusahaan yang berlokasi di Jl. Jababeka, Bekasi tersebut, tidaklah beralasan hukum. Sebab, perusahaan tidak pernah dapat membuktikan adanya bukti buku catatan yang memuat daftar pekerja harian lepas, yang menunjukkan kehadiran pekerja diperusahaan kurang dari 21 (dua puluh satu) hari.

Ketiadaan buku daftar pekerja harian lepas itu, memberikan keyakinan kepada Majelis Hakim PHI Bandung dan MA, untuk menyatakan hubungan kerja antara Ahmad Sobirin, dkk (33 orang) dengan perusahaan, merupakan hubungan kerja berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu, sehingga terhadap mereka haruslah dinyatakan sebagai pekerja tetap, bukan pekerja harian lepas.

Kewajiban memiliki buku yang memuat daftar pekerja harian lepas, disebutkan dalam ketentuan Pasal 12 ayat (2) Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 100 Tahun 2004. Dalam buku dimaksud, setidaknya memuat nama dan alamat perusahaan, nama dan alamat pekerja, jenis pekerjaan yang dilakukan, serta besaran upah yang diterima pekerja.

Namun, meskipun MA menolak permohonan kasasi PT. Kwang Jin Indonesia, dalam amar putusannya No. 996 K/Pdt.Sus-PHI/2016, MA menghilangkan kewajiban perusahaan untuk membayar upah proses yang sebelumnya telah ditetapkan oleh PHI Bandung sebesar Rp.612,4 juta. Alasannya, menurut MA, putusnya hubungan kerja antara pekerja dengan perusahaan adalah semata-mata hanya karena berakhirnya perjanjian kerja meskipun terjadi pelanggaran terhadapnya. (-02)

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
adminboandrew Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
andrew
Guest
andrew

Comment…Assalamualaikum pak/bu saya seorang buruh di sebuah perusahaan mulai  bekrja dari 2010 sampai sekarang 2017 tanpa pernah tandatangan kontrak ataupun perpanjangan kontrak di PT A kemudian di tahun 2015 saya di pindahkan ke pihak outsourching bernama pt B (keplek/badge PT A ditarik diganti PT B tapi tidak pernah juga tandatangan kontrak maupun perpanjangan kontrak..) dan per 2015 saya mendapatkan bpjs TK dan Kesehatan atas nama pembayar PT B.. kemudian januari 2017 sampai april 2017 pembayar bpjs tk di ambil alih lagi oleh PT A namun keplek/badge saya masih berstatus pt B.. yang saya tanyakan bagaimanakah status saya dalam PT A… Read more »