Rabu, 17 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
809

Besok, KSBSI Gelar Kirab Budaya Bersama LKS Tripartit

KSBSI saat aksi unjukrasa di DPRD DKI Jakarta. (foto: aktual.com)

Jakarta | Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Propinsi DKI Jakarta, rencananya esok, Senin (1/5) akan menggelar kirab kebudayaan di Kantor Walikota Jakarta Timur bersama seribuan buruh dari DKI Jakarta dengan semua unsur Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit turut memeriahkan gelaran acara dalam rangka peringatan hari buruh sedunia.

Meskipun kini 1 Mei dijadikan hari libur nasional, tentu saja bagi KSBSI perjuangan buruh belum semuanya berhasil. Praktik kerja outsourcing, pemberangusan serikat buruh, sistem kerja kontrak yang tak berkesudahan, sistem jaminan sosial yang belum merata, sistem pengupahan yang selalu tidak mencukupi karena tingginya kebutuhan hidup, dan lain sebagainya, merupakan persoalan yang harus segera dicarikan jalan keluarnya.

Atas persoalan tersebut, KSBSI tidak tutup mata dan tetap konsisten memperjuangkan hak-hak buruh Indonesia. Tetapi pada May Day kali ini, menurut Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) KSBSI, Haris Isbandi, pola perjuangan KSBSI akan lebih ditekankan pada dialog sosial, seperti kegiatan kirab budaya dan bantuan sosial bagi buruh dan masyarakat di Jakarta Timur bekerja sama dengan pemerintah dan pengusaha, atau biasa disebut dengan LKS Tripartit.

“KSBSI melihat pola perlawanan yang majemuk tidak selalu membuahkan hasil maksimal, perlu peningkatan kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait demi memperjuangkan kesejahteraan buruh Indonesia dimulai dari ibukota negara dan mengakomodir buruh dan masyarakat miskin,” tegas Haris. (-02).

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of