Type to search

Jaminan Sosial

BPJS Ketenagakerjaan Sediakan Beasiswa Hingga Perguruan Tinggi Bagi Dua Anak Peserta

Share

Ilustrasi.

Jakarta | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, akan segera memberikan tambahan manfaat, berupa pemberian beasiswa bagi anak dari peserta yang meninggal dunia atau cacat total tetap akibat kecelakaan kerja, tanpa harus menaikkan iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Demikian dikutip dari keterangan resmi Sumarjono selaku Direktur Perencanaan Strategis BPJS Ketenagakerjaan, Senin (10/4) kemarin.

Beasiswa yang diberikan, menurut Sumarjono, terdiri dari beasiswa pada tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Dasar sebesar Rp.1,2 juta/tahun, Sekolah Menengah Pertama sebesar Rp.1,8 juta/tahun, Sekolah Menengah Atas sebesar Rp.2,4 juta/tahun, dan Perguruan Tinggi sebesar Rp.3 juta/tahun.

Manfaat beasiswa yang sebelumnya untuk satu orang anak usia sekolah ditingkatkan menjadi dua orang anak yang masih berusia sekolah, belum menikah dan belum bekerja. Selain itu, besaran manfaat yang diterima juga menyesuaikan dengan tingkat pendidikan dan diberikan secara berkala setiap tahunnya agar tepat manfaat. Usulan kenaikan manfaat beasiswa akan memperhatikan filosofi jaminan sosial untuk memenuhi kebutuhan dasar, terutama menjamin kelangsungan pendidikan anak-anak dari peserta yg mengalami musibah meninggal dunia.

Sumarjono berharap, perluasan manfaat ini akan membuat peserta lebih tenang dalam melakukan pekerjaan sehari-hari dan tetap mengutamakan keselamatan kerja. “Kita sama-sama berharap agar usulan peningkatan manfaat ini disetujui kementerian terkait. Semua kami lakukan demi kesejahteraan pekerja di seluruh Indonesia,” imbuh Sumarjono. (-02)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *