Senin, 22 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.082

Kontrak Berlaku Lebih Dari 2 Tahun, MA: Hubungan Kerja Menjadi Pekerja Tetap

Ilustrasi. (gambar: blog.talenta.co)
Ilustrasi. (gambar: blog.talenta.co)

Jakarta | Mahkamah Agung (MA) menyatakan Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang No. 96/Pdt.Sus-PHI/2015/PN.Srg tanggal 29 Maret 2016, yang menolak gugatan Somad melawan PT. Hankel Kreasindo, telah salah dalam menerapkan hukum sehingga harus dinyatakan batal.

MA menilai, PHI Serang tidak seksama dalam mempertimbangkan perjanjian kerja kontrak yang berlaku terhitung 4 Februari 2013 hingga 31 Agustus 2015. Perjanjian kerja kontrak yang telah dibuat oleh perusahaan yang berlokasi di Jl. Industri Raya, Pasir Jaya, Tangerang itu, menurut MA, telah melanggar ketentuan Pasal 59 ayat (4) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Sebab, perjanjian kontrak tersebut, dibuat untuk masa waktu lebih dari 2 (dua) tahun.

Atas pertimbangan tersebut, MA berpendapat, hubungan kerja antara PT. Hankel Kreasindo dengan Somad adalah hubungan kerja dengan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau pekerja tetap. Selain itu, MA menyatakan status pekerja tetap dihitung sejak adanya pelanggaran yaitu pertanggal 3 Februari 2015, sehingga masa kerja Somad adalah selama 6 bulan.

Dalam putusannya No. 492 K/Pdt.Sus-PHI/2016, MA melalui Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Agung Maria Anna Samiyati, menetapkan besaran kompensasi Somad atas pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan oleh PT. Hankel Kreasindo, yaitu berupa uang pesangon sebesar 2 (dua) bulan upah, ditambah dengan uang penggantian hak sebesar 15%, yang seluruhnya berjumlah 6,2 juta. (-03).

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of