Rabu, 17 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
773

Anjuran Berupa Fotocopy, Gugatan Tidak Dapat Diterima

Ilustrasi. (foto: tribunmaluku.com)

Jakarta | Tak mampu menunjukkan anjuran asli dari Pegawai Mediator Hubungan Industrial, gugatan PT. HP Metals Indonesia yang dinyatakan tidak dapat diterima oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya, dibenarkan oleh Mahkamah Agung (MA). Perusahaan selaku Penggugat telah diberi kesempatan beberapa kali dalam persidangan di PHI, agar anjuran asli diserahkan ke Majelis Hakim, namun tidak dilaksanakan.

MA juga dalam putusannya No. 1025 K/Pdt.Sus-PHI/2016, menilai, penyerahan anjuran asli justru dalam rangka untuk memberikan kepastian hukum terkait dengan penerapan hukum acara yang berlaku. “Bahwa gugatan telah benar tidak dapat diterima, karena anjuran mediator hanya dalam bentuk fotocopy, dan terhadap anjuran tanggal 22 Oktober 2015 tersebut aslinya telah beberapa kali dalam persidangan oleh Majelis Hakim diminta agar diserahkan Penggugat, namun tidak dilaksanakan,” ujar Hakim Agung Panji Widagdo.

Padahal, PT. HP Metals merasa telah memenuhi syarat formal dalam mengajukan gugatan, sesuai Pasal Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004. “Memang merupakan persyaratan formil yang mutlak harus dipenuhi dalam pengajuan gugatan Perselisihan Hubungan Industrial, namun hal tersebut tidak harus menunjukan lampiran Anjuran dari Mediator yang asli, sehingga fotocopy pun telah dianggap memenuhi syarat formil,” jelas Asnan Ashari, kuasa hukum dari perusahaan.

Gugatan bermula dari adanya perselisihan hubungan industrial dengan Achmad Suharjo, akibat dari penutupan perusahaan pertanggal 14 September 2015. Atas alasan tersebut, perusahaan meminta PHI Surabaya dalam gugatan yang diregister dalam perkara No. 40/G/2016/PHI.Sby tanggal 19 Juli 2016, untuk menetapkan pemutusan hubungan kerja berdasarkan ketentuan Pasal 164 ayat (1) UU 13/2003. (-03)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Jono Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Jono
Guest
Jono

Mediatornya malas kasih aslinya, kalau yang di PHK orangnya lebih dari satu. Petugas Disnaker-kan capek-pek.