Selasa, 16 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.046

Dituduh Gunakan Uang Perusahaan, PHI Putuskan Pesangon Dua Ketentuan

Ilustrasi.

Gorontalo | Akibat perbuatan teman sekerja yang membawa uang perusahaan sebesar Rp.6 juta, Amser Dama dan David Rizaldy diakhiri hubungan kerjanya pertanggal 1 Oktober 2016 lalu. Keduanya dianggap bersekongkol dengan pelaku pembawa uang, yang hingga dilakukannya persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Gorontalo, tidak dapat dibuktikan.

Atas pengakhiran hubungan kerja tersebut, Amser yang telah bekerja selama lebih dari 7 tahun, dan David yang baru bekerja 1 tahun, mengajukan tuntutan berupa pembayaran uang pesangon sebesar 2 (dua) kali ketentuan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Selain itu, PHI juga diminta untuk menghukum PT. Emden Energi Mandiri, membayar kekurangan upah sejak tahun 2013.

Menanggapi tuntutan mantan pekerjanya, perusahaan yang beralamat di Jl. Sultan Botutihe, Gorontalo, meminta Majelis Hakim PHI menolak seluruh isi gugatan yang diregister dengan No. 1/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Gto itu. Sebab, keduanya adalah pekerja harian lepas yang hanya bekerja saat pekerja yang lainnya tidak masuk bekerja.

Terhadap dalil-dalil gugatan yang diajukan, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim I Gede Purnadita, berpendapat pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh perusahaan tidak sesuai dengan prosedur, serta alasan yang dijadikan dasar pemutusan tidak dapat dibuktikan. Namun oleh karena, Amser dan David tidak minta dipekerjakan kembali, maka keduanya berhak atas uang pesangon dan upah selama tidak dipekerjakan hingga putusan hakim berkekuatan hukum tetap. (-02)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of