Kamis, 18 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.338

Menggugat Imateriil, PHI Nyatakan Tidak Berwenang Mengadili

Ilustrasi. (gambar: Banjarmasin Post)
Ilustrasi. (gambar: Banjarmasin Post)

Palembang | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Palembang, menyatakan tidak berwenang untuk memerikssa dan mengadili gugatan yang diajukan oleh Muhammad Ibroni terhadap PT. Maju Motor. Alasannya, karena dalam tuntutannya, Ibroni mengajukan ganti rugi imateriil sebesar Rp. 1 Miliar, yang merupakan ciri dari gugatan perbuatan melawan hukum.

Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Zulkifli, tuntutan Ibroni yang telah bekerja selama 26 tahun itu, dengan meminta agar perusahaan dinyatakan terbukti telah melakukan perbuatan melawan hukum, sehingga harus membayar ganti rugi materil dan imateril, merupakan obyek gugatan yang didasarkan pada Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Menurut Zulkifli, PHI merupakan pengadilan khusus yang hanya memeriksa gugatan perselisihan hak, kepentingan, pemutusan hubungan dan perselisihan antar serikat pekerja dalam satu perusahaan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004. Ibroni telah keliru dalam mengajukan gugatan dengan mendalilkan tindakan PT. Maju Motor yang memutuskan hubungan kerjanya saat dirinya sedang menderita sakit, sebagai perbuatan melawan hukum.

“Menyatakan Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Palembang tidak berwenang memeriksa dan mengadili perkara a quo”, ujar Zulkifli membacakan amar Putusan Sela atas perkara yang diregister dengan No. 9/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Plg itu. (-03)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of